26 October 2013

Another Small Surgery


Untuk kedua kali aku menjalani bedah ringan, di luar sunat tentu saja. Ada benjolan kecil di dekat sikut tangan kananku, dan kalau dipegang sedikit sakit. Aku curiga benjolan itulah yang menyebabkan aku demam+pusing berulang-ulang dalam sebulan terakhir ini.

Jadi malam ini aku ke dokter khusus bedah, dan langsung minta dibiopsi malam itu juga. Rupanya untuk proses bedah aku harus menunggu jam praktek selesai, jadi praktis baru mulai dieksekusi setelah jam 9 malam.


Proses bedah kecil ini berlangsung sekitar 30 menit, agak lebih lama dari perkiraan karena banyak bersinggungan dengan syaraf (pantesan benjolan ini kalau dipegang terasa sakit), jadi dokter harus hati-hati sekali. Gumpalan benjolan berhasil dikeluarkan, cukup kecil mgkn cuma sebesar kacang polong (1 x 1.5 cm), untuk dibawa ke lab. Aku pulang dari rumah sakit sekitar jam 11 malam.

Update :
Setelah seminggu, aku ke rumah sakit lagi untuk kontrol dan mengambil hasil analisa benjolan itu. Hasilnya cukup melegakan.

Mikroskopis : "Sediaan berasal dari brachii kanan terdiri atas jaringan KGB dan sedikit jaringan lemak. Tampak hiperplasia folikel limfoid disertai mass nekrotik dan sebukan padat sel radang mendadak menahun. Tidak tampak tanda ganas".
Kesimpulan : "Limfadenitis akut - kronik non spesifik disertai pembentukan abses."

Kurang jelas maksudnya bagiku, tapi dokter hanya menjelaskan bahwa tidak ada yang berbahaya, cuma ada kuman yang masuk entah darimana sehingga terjadi infeksi. Tampaknya infeksi ini yang menyebabkan aku demam berulang-ulang hampir selama sebulan terakhir. Lagipula sehari setelah operasi, badanku langsung terasa sehat, tidak demam dan tidak lagi pusing.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...