Posts

Showing posts from June, 2012

Dog for Sale :(

Image
Pas mau beli makanan buat kucing, mendadak anjing mungil ini data dan mengendus-endus kakiku. Lucu juga melihatnya. Entah, aku gak paham dia termasuk ras atau peranakan apa.


Kata penjaga toko, doggy ini dijual, tapi bukan merupakan kepunyaan toko melainkan hanya titipan. Hmm.... gitu ya :-? Aku gak berniat membeli, jadi gak berniat juga menanyakan harganya hehehe...

Met Rully at Simpruk

Image
Beberapa kali aku lewat jalan pinggir kereta di daerah Simpruk, aku penasaran karena ada warung makan sederhana tapi rame pengunjung, dan banyak yang pakai mobil juga. Tempatnya persis samping gedung GOR Pertamina, kurang lebih. Nah, siang ini aku sempatkan datang dan mencoba makan di warung Soto Surabaya yang ada di sana. Pas jam makan siang, dan rame pengunjung.


Pas lagi duduk, seseorang yang duduk di depanku menyapa. Sebelumnya aku gak terlalu memperhatikan dia, karena agak fokus ke wanita di sebelahnya (ehm....). Setelah beberapa basa-basi, aku ingat juga kalau dia itu Rully, yang pernah jadi staff IT di salah satu client dulu. Panjang lebarlah kami ngobrol, maklum dah lama gak ketemu. Dalam kesempatan singkat itu dia "curhat", alasan mengapa dia dulu mendadak mengundurkan diri dari kantor clientku. Rupanya ada ketidakcocokan dengan managernya, sehingga dia "terpaksa" mengundurkan diri. Dulu aku sempat kaget, tapi gak berani bertanya-tanya, kukira dia dipecat …

Mas Juwari & Guntur

Image
Kemarin Mas Juwari dan Guntur datang ke Kebayoran Lama, ke tempat Sari dan Mbak Dar. Sudah beberapa hari Mas Juwari ada di Bekasi untuk mencari kontrakan buat Guntur yang diterima kerja sebagai guru di salah satu sekolah swasta terkenal di sana.


Esoknya aku ajak mereka berdua jalan-jalan ke Gandaria City, sambil beribadah karena kebetulan ibadah minggu dipindah ke mal ini.

Sweet Corn BBQ

Image
Tetangga depan rumah punya acara bakar jagung di halaman samping (yang notabene penuh aroma kotoran kucing). Mungkin dalam rangka liburan sekolah, dikomandoi oleh Mas Bali.


Maksud hati mendokumentasikan kegiatan itu, eh malah anak-anak yang rame-rame minta difoto...


Terutama kedua anak ini, Luna dan Arya, paling heboh minta difoto berkali-kali, dengan berbagai posisi dan latar belakang. Kedua anak ini punya bakat narsis sejak dini hehehhe....


Bapaknya Nisha yang jadi eksekutor bakar jagung malam itu. Hmmm.... menggiurkan (jagungnya).

Reformed Millennium Cathedral

Image
Setelah beberapa kali hanya melewati dan memandang dari jauh, akhirnya kali ini aku sempat berada agak dekat dengan salah satu gedung gereja besar di Jakarta. Besar dalam arti ukuran, karena jarang ada gedung gereja besar yang bisa dibangun di negeri ini ... ya tahu sendirilah, gereja kecil dipelosok aja kadang susah dapat ijin pembangunan.


Itu adalah gedung gereja punya Gereja Reformed Injili Indonesia yang dipimpin Pdt Stephen Tong di Kemayoran. Semula aku pikir gedung gereja itu gedung lama peninggalan Belanda, seperti Katedral dan Gereja Immanuel di daerah Gambir. Ternyata bukan, ini adalah gedung baru. Katanya, butuh waktu 16 tahun hingga perijinan pembangunan gedung ini mendapat persetujuan. Ckckckck .... semoga bukan hanya untuk membanggakan kemegahan gedung, tapi bisa membawa berkat bagi semua orang di Jakarta.

Kerak Telor

Image
Beberapa pedagang kerak telor nampak mangkal di tepi jalan HBR Motik Kemayoran. Bulan Juni-Juli bisa dibilang sebagai musim kerak telor, karena di Jakarta, khususnya di sekitar PRJ dan tempat rekreasi akan banyak ditemui penjual kerak telor.


Entah mengapa, diantara banyaknya makanan khas Betawi, kerak telor yang paling "ditonjolkan" saat Jakarta memperingati hari jadinya. Apakah memang kerak telor ini benar-benar khas asli Betawi?

Tiny Lake at Kemayoran Jakarta

Image
Di tengah panasnya Kemayoran, ternyata ada sejengkal oase. Sebuah genangan air dengan pepohonan di sekitarnya, entah apa nama danau itu, di wikimapia cuma disebutkan sebagai Pond. Mungkin gak cocok juga kalau dibilang danau. Tapi setidaknya, di tempat ini bisa menghasilkan foto-foto refleksi gedung-gedung di sekitarnya.


Waktu sore-sore kebetulan aku datang, kebetulan lagi banyak orang yang mancing. Juga ada beberapa rombongan keluarga datang untuk sekedar melihat-lihat. Cukup menyejukkan dan enak buat sekedar jalan-jalan sore yang murah-meriah.


Di dekat "danau" itu banyak yang jualan pelampung seperti ini. Aku yakin, pelampung ini dijual bukan untuk digunakan di "danau" tersebut hehehe....

Pome

Image
Baru sadar kalau dekat lapangan belakang kontrakan ada yang punya pohon delima, meskipun tidak besar. Seingatku baru satu kali aku makan buah delima, yaitu saat awal kuliah di Bandung. Saat itu depan kos ada pohon delima dan aku sempat memetik salah satu buahnya yang masak. Enak. Sayang sekali buah ini tidak banyak dijual di pasar ataupun supermarket. :-?

Playing with Dove

Image
Dua anak kecil sedang bermain burung merpati di tanah lapang belakang rumah, sedikit dari tanah lapang yang masih tersisa di Jakarta.

Kids Fashion Show

Image
Ketiga anak kecil ini sedang bermain fashion show di gang kontrakan. Dengan pakaian seadanya dan berdandan sendiri mereka bergaya layaknya ajang pemilihan putri Indonesia.
Kalau dipikir-pikir, ketiga anak ini memang cukup mewakili keragaman suku di Indonesia. Ayu dari Bali (kiri), Luna dari Bandung (tengah) dan Annisa dari Jakarta (kanan).

Wooden Warriors and Horse

Image
Seorang anak sedang berpose diantara patung robot dan kuda yang terbuat dari kayu, untuk dipotret oleh orangtuanya. Mungkin dalam rangka ajang HUT Jakarta, dengan Jakarta Great Sale'nya, di mal Gandaria City ada beberapa instalasi karya seni. Salah satunya adalah patung ini.


Meski terlihat sederhana dan kasar, buatku patung ini istimewa. Dia menggabungkan tema modern dengan menggunakan bahan kayu dan warna yang tidak mencolok (pastel).



Sedikit tidak nyambung, tapi kumasukin aja sekalian :). Ini adalah salah satu karya yang dipajang juga, miniatur candi dengan gaya yang unik. Sepertinya terbuat dari logam. Benar-benar indah.

Balinese Family with Traditional Clothing

Image
Arya dan Ayu mengenakan pakaian tradisional khas untuk menghadiri acara keagamaan Hindu. Baru kali ini aku melihat keluarga Mas Bali seluruhnya mengenakan pakaian tradisional. Kata Ayu sih sedang ada perayaan di pura, tapi aku lupa perayaan apa.


Karena mengenakan pakaian tradisional ini, mereka memutuskan pergi dengan taksi. Setiap minggu mereka juga sering ke pura, katanya sih di daerah Rawamangun, tapi mengenakan pakaian rapi biasa saja dan menggunakan sepeda motor.

Old Siemens Mobile Phones

Image
Lihat "pameran telekomunikasi" di ajang Indonesia Cellular Show bulan ini, aku melihat deretan HP Siemens jadul. Dua dari ketiga tipe itu adalah jenis hape yang kumiliki disaat awal aku bekerja. Dulu aku suka tipe Siemens, handal menurutku. Tapi sekarang, setelah gabung dengan BenQ kok sepertinya tenggelam, kalah gaung dibanding merk2 Korea.

Peeping Boys

Image
Raka mengintip dari celah jendela. Hari ini aku lagi ingin kerja sendirian saja, makanya aku tutup pintu dan bekerja di kamar. Tapi jendela aku biarkan terbuka. Anak satu ini rajin banget pengen main ke rumahku, dan cukup gigih meskipun aku sudah bilang agar hari ini gak main dulu. Berkali-kali dia mengintip, berharap boleh diijinkan masuk.


Melihat Raka berkali-kali melongok di jendela, Arya pun ikut-ikutan melongok. Hanya saja dia cuma bisa menjangkau bagian bawah jendela karena badannya belum setinggi Raka. Dasar bocah, mau tahu aja!

Old 2007 vs New 2012 Passport

Image
Setelah hampir dua tahun pasporku kedaluwarsa, akhirnya aku dapat paspor baru. Waktu mengambil paspor baru, katanya paspor lama juga boleh kubawa. Lumayan buat kenang-kenangan.

Sebelah kanan adalah sampul paspor lama keluaran 2007 sedang sebelah kiri adalah sampul paspor baru keluaran 2012. Jelas terlihat paspor lama lebih bagus dibanding paspor baru.


Untuk bagian dalam, agak seimbang. Paspor baru (bawah) memang terlihat lebih menarik dengan warna-warni kertas dibanding paspor lama (atas) yang lebih seperti satu warna saja.

Busway Line

Image
Kadang, polisi menilang kendaraan yang melintas jalur busway, kadang juga mengijinkan. Kadang "petugas" seperti sengaja memberi kesempatan buat pelanggaran, seperti terlihat adanya kekosongan dalam batas pemisah jalur busway, seperti sengaja diberikan agar pengguna kendaraan pribadi bisa dengan mudah menerobos jalur busway.

Fleksibilitas memang perlu, tapi dilain pihak menimbulkan ketidakkonsistenan penegakan hukum, yang ujung-ujungnya membuat ketidakpercayaan terhadap penegakan hukum itu sendiri, karena hukum jadi tidak berwibawa. Bagi orang yang taat aturan, ini jelas bikin geregetan. Bagi orang yang gemar melanggar hukum, semakin menguatkan keyakinan mereka bahwa "hukum dibuat untuk dilanggar". Negeri yang aneh!

NB: foto diambil saat kondisi lalu lintas tidak macet, bukan keadaan darurat sehingga tidak sepantasnya melakukan "pelanggaran" lalu lintas seperti ini. IMHO.

Keiko, A Cute and Hyperactive Puppy

Image
Seekor anak anjing dan anak kucing sedang makan bersama. Si anak anjing, Keiko, adalah anak anjing yang diadopsi oleh Bu Lili (tempat penyelenggaraan baksos sterilisasi kucing), dan berbaur bersama kucing-kucing kampung lainnya di rumah itu.


Anak anjing ini lucu, namun sangat hiperaktif. Dia tidak takut dengan orang yang baru dikenal dan sangat ingin bermain. Pertama kali aku ketemu, dia langsung mendekat dan menggigit tangan, kaki, sandal, celana dan apapun yang bisa digigit. gemes juga, tapi susah membuat dia menyingkir. Kadang saking hiperaktifnya, dia juga mengganggu kucing-kucing lain yang kebanyakan tidak mau diajak bermain sama dia. Kata si empunya, sudah banyak sandal yang jadi korban Keiko.