Posts

Showing posts from March, 2008

Naughty Cat

Image
Seekor kucing menyelinap, mendekati kurungan berisi burung merpati, mungkin hendak menangkap dan memakannya. Apadaya dia keburu ketahuan dan diusir oleh pemilik merpati.

Sang pemilik sedang melatih merpatinya di lapangan Mabes Blok M, tempatku menunggu bis pulang ke Cikarang.

Playing with cell phone

Image
Samuel dah mulai hobby mainan HP, gak bisa lihat HP nganggur sedikit. Selain pinter bergaya nelpon, dia juga pandai niruin gaya ibunya memotret memakan kamera ponsel.

Selomangleng Cave

Image
Sebelumnya aku hanya melewati saja goa Selomangleng ini, yang terletak di pinggir kota Kediri. Hari ini ini aku bisa melihat lebih dekat, meskipun gak masuk ke dalam karena, sayangnya, baunya pesing.



Suasana sekitar gua cukup bersih, dengan jalan setapak yang cukup rapi dan nyaman dilewati, gak takut licin kalau musim hujan.



... Tampak seorang wisatawan asing mengamati gua lebih dekat ...



... rombongan keluarga yang menyempatkan diri berkunjung di gua ini, wisata murah-meriah sambil refreshing di hari libur.

Refreshing in Monas

Image
Bagi Anda warga Jakarta, kalau ingin cari tempat refreshing yang dekat, bisa coba mampir di Monas. Taman disekitarnya cukup sejuk, dengan pepohonan yang cukup rindang.



Seorang anak sedang memainkan layang-layang benang pendeknya. Angin yang cukup kencang, ditambah banyaknya lokasi yang cukup lega membuat tempat ini nyaman buat bermain layang-layang, apalagi di Jakarta sudah sulit mencari tanah lapang untuk bermain layang-layang.



Pasangan suami istri mengabadikan rekreasi mereka di tempat ini. Di sisi sebelah selatan, akan terlihat banyak keluarga yang menyempatkan diri beristirahat dan menikmati kesejukan pepohonan.

Sisi selatan cukup berbeda dengan sisi barat. Di sisi barat lebih banyak digunakan orang untuk berpacaran, kadang dengan gaya-gaya yang terlalu berani, yang kurang pantas untuk dilihat anak dibawah umur :D



Tak ketinggalan para calon "fotografer" dan "model" memanfaatkan tempat ini untuk berlatih, bergaya dan berekspresi dengan bebas, tanpa peduli senyuman o…

Cats in Monas (Again)

Image
Di sekitar Monas banyak sekali kucing liar berkeliaran, namun beberapa cukup lucu dan menarik.



Seekor kucing tampak sedang menikmati tenangnya air di air mancur sebelah barat Monas. Entah apa yang dia tunggu, mungkin dia berharap ada ikan yang tiba-tiba meloncat dan mendekatinya untuk menjadi santapannya :))



Kucing yang satu ini dengan asyiknya bertengger di tempat sampah, berharap mendapatkan makanan dari sisa-sisa makanan yang dibuang oleh pengunjung yang tertib (yang mau buang sampah pada tempatnya) :D

Beautiful Yellow Flowers

Image
Payah, meskipun aku gemar banget dengan bunga, tapi aku gak bisa hafal nama-nama bunga, khususnya yang cukup jarang kutemui di kampung waktu aku kecil, termasuk bunga kuning ini.



Dan aku juga baru menyadari kalau bunga ini hanya mekar waktu siang hari, sementara malam hari dia menguncup (mulai sore hari hingga pagi hari).

Nama latinnya kayaknya : Neomarica longifolia, Trimezia martinicensis
Source: Toptropicals.com

Breakfast

Image
Kawan satu ini begitu puas menikmati sarapan soto di depan Hotel Panghegar, yang kebetulan berdekatan dengan lokasi kantor cabang yang kami tuju.

NB: sotonya gak kelihatan, cuma dapat moment pas minum teh tawar :)

The Art of Braga

Image
Beberapa anak sekolah berjalan melintasi jalan Braga Bandung, sementara seorang seniman sedang menyusun lukisan dagangannya di trotoar ini. Konon jalan Braga merupakan kawasan pejalan kaki yang cukup populer, seperti halnya kawasan Malioboro di Jogja. Meski tidak terlalu ramai, namun di tempat ini masih banyak yang menjual lukisan serta barang-barang seni lainnya.

Another side of Bali' beach

Image
Sebelum pulang ke Jakarta, sebenarnya waktuku cukup banyak untuk menikmati Bali. Sayangnya, suasana menjelang Nyepi membuat beberapa tempat ditutup, termasuk pantai Kuta, entah dengan alasan apa. Yang mengantarku pun gak berani pergi ke Kuta, karena takut andaikan terjebak macet pas mau pulang.

Akhirnya aku cuma dibawa ke sebuah pantai antara Kuta dan Bandara Ngurah Rai, kemungkinan pantai Tuban. Pantainya cukup bersih juga, pasirnya juga putih. Tempat ini juga dimanfaatkan oleh beberapa wisatawan untuk berselancar, cuma sepertinya tidak seramai di Kuta.


.... tampak beberapa wisatawan sedang menuju lebih ke tengah laut agar dapat ombak yang lebih bagus, dengan bantuan kapal nelayan yang bisa disewa ...


... tampak "karang" buatan, sebagai tanggul agar ombak besar tidak terlalu merusak pantai, apalagi di dekatnya ada sebuah hotel. ...


... semula aku penasaran, gerobak ini buat apa. Soalnya rodanya juga terbuat dari kayu. Ternyata ini alat untuk membantu membawa perahu dari dar…

In Joger

Image
Pengennya sih beli oleh2 kaos khas Bali, Joger ... sayangnya dalam rangka hari Nyepi tempat ini tutup dan baru buka setelah Nyepi. Yah, gak jadi beli kaos deh :(

Ogoh-ogoh

Image
Sebuah ogoh-ogoh menampilkan pertarungan Bima dengan raksasa, sudah siap untuk ikut pawai di malam menjelang Nyepi. Ogoh-ogoh merupakan bagian tak terpisahkan dalam prosesi hari raya Nyepi, yang setelah diarak akan dibakar.

Namun seiring perkembangan jaman, seringkali ogoh-ogoh ini tidak dibakar, tapi dibeli oleh wisatawan asing. Apalagi biaya pembuatan ogoh-ogoh cukup besar, bisa jutaan rupiah.

Melasti in Sanur, Bali

Image
Sore ini kerjaan agak luang, jadi aku sempatkan diri mampir ke pantai Sanur sendirian naik motor, kebetulan gak jauh dari Denpasar. Eh, pas nyampe sana ramai sekali orang ke pantai Sanur, ternyata lagi ada acara Melasti.

Upacara melasti sendiri katanya merupakan ritual menyucikan diri, biasanya dilakukan di tepi pantai, sebelum memasuki hari raya Nyepi. Meski umumnya dilakukan sebelum nyepi, tapi ada daerah tertentu yang mengadakannya setelah Nyepi (sayang aku lupa daerah mana) ...


.. ini fotografer beneran ...., jadi gak pede nenteng-nenteng kamera di depannya, kalau jauh kualitasnya :( ...


... sebagaian besar peserta upacara Melasti ini sudah duduk di tepi pantai, menghadap laut, menunggu pendeta memimpin upacara. Perlengkapan yang ada tampak warna-warni, memberi warna pada kumpulan orang yang hampir semua berbaju putih...


Sebelum acara dimulai, beberapa orang menyampaikan doa dan meletakkan sesaji di tepi pantai...


Para petugas keamanan adat, atau Pecalang, dengan pakaian serba hi…

Sunset Sillhoutte in Kuta

Image
Daripada bengong nungguin teman yang lagi ngoprek-oprek jaringan di kantor dia, aku jalan-jalan sendiri di senja itu. Beberapa siluet senja di daerah Kuta (meskipun bukan di pantainya) berhasil aku tangkat, yah meskipun tidak terlalu dramatis, namun cukup menghiburlah.

Sunday Morning in Denpasar

Image
Pagi ini, karena masih hari Minggu, jadi aku ingin menikmati suasana pagi sendirian, sambil iseng-iseng menyusuri jalan di Denpasar.



Tampak seorang ibu sedang memberikan sesaji di sebuah jembatan. Ritual sesaji di pagi hari adalah pemandangan yang tidak asing di Bali, makanya gak perlu heran kalau di jalan, depan rumah/kantor, atau di sudut-sudut halaman selalu tampak sesaji (bunga dan menyan) yang masih segar.



Tiga orang bapak sedang bercengkrama, mungkin sambil minum kopi, di depan sebuah hotel. Mungkin mereka pekerja hotel itu, atau penduduk sekitar hotel yang turut mengais rejeki dari bidang pariwisata.



Di depan kompleks Kodam Udayana, cukup banyak burung yang cukup beragam. Selain burung gereja, ada burung lain yang aku gak kenal namanya, salah satunya yang berkepala putih, cukup cantik.





Sambil nunggu teman yang mau njemput buat sarapan, aku ganjal perut dengan kacang rebus yang dijual bapak ini di pinggir jalan.

Wing Air on Juanda Airport

Image
Siang ini aku langsung beranjak dari Surabaya menuju Denpasar, dapat jatah pesawat Wings Air. Berangkat dari Bandara Djuanda sekitar jam 1 siang.



Deretan kursi yang tersusun rapi di ruang tunggu bandara ...