06 February 2019

Tidak Boleh Pakai Kamera Di BXC


Meskipun dekat rumah, sudah agak lama aku gak ngajak El jalan-jalan ke Bintaro Exchange Mall (BXC), meskipun hampir tiap hari melewatinya kalau pas ngajak El nonton kereta api. Pagi ini ada kesempatan, pengennya refreshing sama El dan foto-foto di sini. El sih senang-senang saja diajak jalan-jalan, lihat ikan koi dan menjelajah ke sana ke mari.


Eh, rupanya ada tetangga yang sedang jogging di sini pagi ini. Gak sempat ngobrol, soalnya dia lagi serius lari.



Sayangnya, pas mau motret bocah dengan kamera prosumer andalan (satu-satunya sih), datang pak satpam dan menyapa dengan sopan. Intinya di sini tidak boleh memotret dengan kamera selain kamera ponsel. What??? Aku belum sempat melihat pengumuman larangan itu ada di pajang di papan pengumuman manapun. Meskipun di lokasi "taman dinosaurus" ini ada sih peringatan bahwa kalau ada yang melakukan dokumentasi untuk hal-hal komersial, wajib lapor dan ijin ke manajemen. Wajar kalau untuk komersiil, tapi kalau untuk pribadi dan motretnya juga keluarga sendiri? Aneh aja.



Lebih masuk akal kalau dibilang agar tidak boleh motret orang lain, atau bangunan-bangunan yang mungkin memiliki hak cipta. Tapi kalau dipukul rata, biar gampang, ya aneh saja. Entahlah apakah ini juga berlaku di mall lain atau tidak, aku belum sempat survey.

Nah, di akun resmi instagram mereka aku sempat lontarkan komentar berupa pertanyaan tentang larangan motret pakai kamera ini. Hasilnya, alih-alih mendapat jawaban atau penjelasan, postingan tersebut langsung dikunci, tidak boleh ada komentar lagi dan tentu saja, komentarku tadi jadi tersembunyi. hehehehehej

Masih untung sih akunku gak diblokir wkwkwkw.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...