Posts

Showing posts from January, 2008

Biker -- Panning

Image
Nyoba-nyoba latihan teknik panning. Cukup sulit juga, beberapa kali gagal, cuma ini yang hasilnya lumayan. Aku masih belum terlalu ngerti hal-hal yang teknis, gimana seharusnya setting kamera agar panning bisa berhasil.

Setidaknya dari percobaan ini aku belajar kalau untuk panning pengaturan exposure harus rendah, kalau tidak, background akan jadi putih atau terlalu cerah.
Entah ini aturan umum atau gak.

In the morning

Image

Old friend visit

Image
Entah dengan alasan apa, Bayu -- bekas programmer di kantor, berkunjung ke kantor. Sekarang dia kerja di bagian HRD, meskipun kerjaannya tetap gak jauh-jauh dari masalah IT.

Wake up

Image
Pagi ini, pas mau jalan-jalan sebentar, tampak 2 ekor kucing sedang terbangun dari tidurnya. Tampaknya mereka masih malas untuk bangun, meskipun demikian, mereka tetap waspada. Buktinya waktu aku mendekat, mereka langsung berhati-hati, dan segera beranjak dari meja besar tempat mereka tidur semalaman.

Monkey Show

Image
Pertunjukan topeng monyet sudah mulai tersingkir, apalagi di kota-kota besar. Tapi tetap saja masih ada orang yang menggantungkan nasib pada pertunjukan ini, mengamen bersama sang monyet, yang bergaya layaknya manusia : berpayung, main sepeda motor, dsb.

Pertunjukan ini terlihat di lapangan Mabes, saat aku lagi nunggu bis ke Cikarang.

Vandalism or Poor Quality

Image
Prihatin juga lihat fasilitas umum,yang sebenarnya cukup indah dan menarik, namun cepat rusak. Entah karena kualitas bahannya yang memang tidak bagus, atau akibat orang-orang ceroboh yang tidak bisa menghargai fasilitas umum. Sayang sekali ...

Self Action

Image
Sore ini lagi bener-bener suntuk, mikir kerjaan dan macem-macem. Akhirnya nenteng kamera, jalan ke sungai belakang kantor dan mampir ke sawah tepi danau. Untung saja semak-semak belukar dekat sungai sudah dibersihkan, jadi cukup enak jalannya.

Kebetulan padi sudah cukup tinggi, mulai menguning dan siap panen, paling-paling gak nyampe sebulan lagi. Sayangnya udah agak sore, pencahayaan kurang menarik, sunset juga nanggung.



Gak sengaja nemu spot agak unik, pematang dengan rimbunan padi yang cukup tinggi di sebelah kanan-kiri. Berhubung gak ada yang mau nemenin jalan-jalan stres sore itu, ya bereksperimen sendiri aja. Seperti biasa, pakai timer, coba sesuaikan dengan timing-nya, ... langsung bergaya :))

Pulang-pulang ngos-ngosan dan keringetan, tapi lumayan lega juga otak ini #-o

Morning light

Image

Bulldozer

Image
Seorang bapak sedang melewati bulldozer, melintasi jalan yang akan menjadi gerbang tol baru langsung dari Lippo Cikarang (di sebelah timur).

Dengan adanya gerbang tol baru ini, diharapkan lalu-lintas di jalan Cibarusah, dan pintu tol Cikarang barat bisa lebih lancar.

Smile :)

Image

After morning sport

Image
Pagi ini akhirnya terlaksana juga niat mereka untuk lari pagi, setelah berkali-kali membuat rencana dan gagal. Meski jaraknya tidak terlalu jauh, namun cukuplah untuk awal menggerakkan badan dan berkeringat di pagi hari.

.. high voltage ...

Image
Keberadaan sutet (saluran udara tegangan ekstra tinggi) biasanya menimbulkan kotroversi dan pertentangan, terutama mengenai dampak terhadap masyarakat yang tinggal di bawah atau berdekatan dengan sutet.

Terlihat deretan sutet di kawasan Lippo Cikarang, dan areal yang dilalui masih cukup kosong, belum banyak perumahan.

Sparows (again)

Image
Sekawanan burung bertengger di pagar salah satu pabrik kawasan Hyundai, Cikarang.

Pas lagi asik-asiknya motret, seorang petugas security dari pabrik tersebut teriak "Motret apa mas?", dengan nada kurang enak didengar, dan pandangan curiga.
Aku coba senyum, meski agak dongkol, dan menjawab "Motret burung, ini ada kok", sambil mengarahkan LCD kameraku ke dia, meski aku yakin dia gak bisa lihat karena cukup jauh.
Tak lama kemudian burung-burung itupun terbang, dan petugas itu yakin :)

Tire replacement

Image
Melintasi kota Bogor, tiba-tiba salah satu ban pecah. Terpaksalah pak Iwan, sebagai sopir, turun tangan mengganti ban dengan ban cadangan yang agak kempes.

Mumpung berhenti dekat warung padang, sekalian makan siang di situ. Tak jauh dari tempat itu ada tempat tambal ban, jadi bisa nambah angin di keempat ban.

Outing 2008: Going Home

Image
Waktunya pulang.... beres-beres, angkut-angkut barang ....



... (bukan) boysband ...



... bergayaaaa ...
di sini semua jadi tampak lebih putih ...

Outing 2008: Last Session

Image
Hari terakhir, cuma ada 1 sesi yaitu tentang rencana bisnis tahun 2008.
Juli tampak terkantuk-kantuk, mungkin gara-gara begadang di api unggun semalam, sementara Pak Rofii masih cukup fit, meski habis meeting sampai jam 3 pagi.



Untuk menghilangkan kelesuhan, sebelum session dimulai diadakan "goyang" badan dulu, diiringi lantunan Kucing Garong.
Pii tampak paling semangat dan paling menghayati :)), sementara yang lain sudah cukup "melek" dengan menonton dan tertawa.



... Pak Rofii sedang menyampaikan pendapatnya seputar rencana tahunan yang telah disampaikan Yohan sebelumnya. Cukup lama juga pendapat yang disampaikan beliau, sampai-sampai gak terasa waktu sudah melewati batas semestinya :) ...



... memperhatikan, menyimak dan mencermati ....



Wah, baru sadar kalau sudut ini memiliki pencahayaan yang unik, memberi kesan kontras antara gelap dan terang, dengan cahaya matahari yang tidak utuh memasuki ruangan melalui jendela.
Sayang sekali aku menyadari hal ini pas acara terakhir…

Outing 2008: Revenge

Image
Ini namanya pembalasan dendam. Entah siapa, tapi ada yang motret aku lagi
tidur, mana acak-acakan pula. Kebetulan aku tidur pulas ampe siang, gara-gara semalam meeting ampe jam 3 (meskipun waktu meeting aku juga tidur).

Outing 2008: Campfire

Image
Di malam terakhir, rencana ada acara api unggun, tempat dan kayu bakar sudah disediakan oleh pihak pondok.





Sayangnya panitia agak bingung menentukan format acara, jadi ya cuma nongkrong doank di sekitar api unggun, sambil sesekali menyanyi, itupun gak bertahan sampai lama. Sebelum jam 12 kebanyakan sudah beranjak ke pondok masing-masing.

Outing 2008: Sunset Moment (2nd days)

Image
Hari kedua, suasana sunset masih cukup menarik, warna langit yang khas masih terlihat dan gak mendung.



Pii kuminta jadi model, eh gara-gara abis mandi, bergaya pakai handuk...



.. nah, gantian diriku bergaya dengan gaya favorit ...



... heheheh, dengan malu-malu, dua "sejoli" ini mau juga berpose begini :))

Outing 2008: Break Time (2nd day)

Image
Di sela-sela acara, setelah makan siang, menyempatkan diri untuk berfoto-ria di pondok yang kosong. Tempatnya cukup menarik buat jadi bahan foto-fotoan.



...nah, kalau ini menjelang game ...



.. bergaya seperti kebiasaan Pak Iwan, ampe beliau protes, kenapa gaya seperti itu jadi bahan lelucon :))



... buat para smokers, waktu istirahat adalah waktu paling nikmat ...



... para wanita berkumpul, bergosip ria, dan gak lupa bergaya di depan kamera ...



... halah, ini ngapain pula, kayak anak baru disunat aja diarak pakai kambing :)) ...

Colorful balls

Image
Bola-bola kecil yang dipakai untuk salah satu permainan di outing kali ini.

Outing 2008: Fun Time (2nd day)

Image
Setelah sejak pagi acara cukup serius, sore harinya ada game, untuk menjalin kerjasama -- seperti tema outing kali ini, Superteam.



Game pertama cukup sederhana, memindahkan bola dari satu tempat ke tempat lain, dengan adanya penghalang di tengah-tengah (tali) dan hanya 1 orang yang berhak membawa bola.



Pelempar bola di pihak lawan adalah Exa, dan beberapa kali gagal memasukkan bola karena menggunakan tangan kiri.



.. kedua tim sama-sama berusaha melompatkan pelempar bola melampaui tali pembatas ...



.. tim yang menang sedang merayakan kemenangan dengan menyantap hadiah ...

A Sunny Day

Image

Outing 2008: Presents from Kaori-san

Image
Seperti biasa, setiap ada outing, ibu Kaori selalu memberi hadiah ke setiap karyawan. Kali ini hadiahnya cukup beraneka ragam, ada yang menarik, ada juga yang kurang menarik.
Dedi dapat timbangan. Semantara aku dan Yohan (yang sama-sama mendapat kesempatan mengambil hadiah pertama kali), memilih bingkisan berisi perlengkapan alat tulis sekolah, yang ternyata untuk anak-anaknya Pak Rofii.



Exa sendiri dapat hadiah cukup tepat, hairdryer :)



.. Dewa kebagian kartu remi sedang Juli dapat cangkir kecil ..



... Dian kebetulan dapat masker wajah, yah untunglah dia yang dapat, bukan yang pria :)

Outing 2008: Varios Morning Activities (2nd day)

Image
Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengawali hari kedua Outing, sebelum acara serius dimulai. Tampak para gadis sedang siap-siap mandi, sambil mondar-mandir di lapangan bulutangkis depan pondok mereka. Mungkin karena kamar mandi cuma satu, jadi antri agak lama.



Sementara beberapa orang menyempatkan diri untuk berenang di kolam renang, airnya cukup dingin menyegarkan (khas pegunungan).
Si Ari lagi coba salto, sayang aku gagal nangkap momen pas dia melayang, dapatnya pas udah nyebur :)



Ah, makan-makan... emang kalau dingin enaknya makan. Sarapan dengan sajian khas masakan sunda, meski terasa sederhana, tapi karena anget, jadi rasanya nikmat ... boleh nambah pula ..



.. beberapa orang tak melewatkan ritual mereka setelah makan, berasap-asap ria, termasuk si Kuca.



Ari tampak kerepotan membawa gelas-gelas plastik, yang kebetulan juga berwarna kuning, seperti halnya warna kaos outing tahun ini.



Seorang ibu yang bekerja di pondok ini sedang mengasah sabitnya, sebelum membersihkan dan merapikan taman…