Posts

Showing posts from 2012

Little Flood after Short Heavy Rain

Image
Lagi makan siang di warung soto, hujan turun dengan deras sekali. Tukang gas keliling juga ikut berteduh di warung soto.
Untunglah hujansegera reda, ga sampai satu jam. Tapi hujan yang singkat itu menyebabkan air selokan meluap dan membuat genangan di sepanjang jalan tanjung duren raya lama. Selokan yang ada terlalu dangkal dan ada sumbatan sehingga air tidak mengalir lancar.

Seorang pengendara sepeda motor yang sadar kamera melintas di genangan air. Sempat-sempatnya dia melambai dan membentuk simbol V dengan jarinya waktu tahu aku sedang memotret hehehe...

Pink Flowers

Image
Bunga merah jambu di tepi jalan. Indah - tapi aku ga tahu namanya. Belum ada waktu buat googling nyari info soal bunga ini. :-)


Christmas Holiday : Back to Jakarta

Image
Kondisi stasiun Kediri terlihat sepi. Selain jumlah penumpang yang tidak terlalu banyak, juga karena tidak ada lagi pengantar yang boleh masuk ke dalam stasiun. Pedagang juga tidak boleh masuk. Padahal dulu ada nenek-nenek yang sering jualan makanan dan aku biasanya membeli cemilan dari dia.


Kereta yang akan membawa kami ke Jakarta sudah tiba, tepat waktu. Salut buat KAI yang mulai konsisten dengan perjalanan tepat waktu.


Rupanya ada sepasang bule di baris belakang kursiku. Yang satu sibuk baca buku, satunya sibuk mainan iphone (sotoy ah ...).

Christmas Holiday : Christmas Morning Service

Image
Fajar sudah menyingsing di ufuk timur, hari Natal sudah tiba tahun ini.


Gereja Baptis Setia Bakti Kediri, gereja yang dihadiri istriku sejak kecil ini, memiliki kebiasaan unik dalam merayakan natal. Ibadah hari Natal dilakukan jam 5 pagi, terlalu pagi buatku yang terbiasa bangun tidur jam 7 pagi ini :( Kalau mau berangkat ramai-ramai sekeluarga, wajib sudah bangun 1 jam sebelumnya, kondisi masih ngantuk.


Pak pendeta Yosia sedang menyampaikan kotbah dalam ibadah natal kali ini. Satu yang aku suka dari kotbah bapak ini adalah, kotbahnya padat dan singkat hehehhe ... belum sempat tertidur sudah selesai kotbah :)



Oh ya, ibadah natal kali ini diadakan di gedung gereja yang baru, meskipun gedung gereja sebenarnya belum siap pakai. Selama ini, karena gedung baru belum siap digunakan, biasanya ibadah gereja diadakan di ruang bawah tanah yang nantinya akan menjadi tempat parkir kendaraan.


.... berfoto bersama setelah ibadah natal selesai, bareng keluarga mertuanya Mas Verdian....


Kebanyakan j…

Christmas Holiday : Christmas Eve at Dhoho Street

Image
Sementara sebagian orang Nasrani melewatkan malam natal dengan ibadah di gereja, kami malah lesehan di jalan Dhoho Kediri. Menikmati pecel dan tumpang khas Kediri.


Jalan Dhoho bisa dianggap sebagai "Malioboro"nya Kediri. Di malam hari, areal trotoar di depan pertokoan di sepanjang jalan ini berubah menjadi warung lesehan. Hidangan yang dijual memang tidak terlalu beragam, umumnya pecel kediri, pecel tumpang, nasi goreng dan berbagai lauk pauk.

Christmas Holiday : Farming Land in Nganjuk

Image
Bibit-bibit padi yang sudah siap ditanam, bersebelahan dengan tanaman kacang kedelai di sebelahnya. Musim hujan telah tiba, sebentar lagi kacang kedelai itu akan dipanen dan diganti dengan padi.


Ini pertama kali aku berkunjung ke Nganjuk, tempat asal ibu mertua. Bersama bapak mertua, aku mengunjungi sepetak sawah kepunyaan mereka, yang dipercayakan ke pakde untuk dikelola.


Nampak seorang petani sedang menggarap tanahnya dengan traktor. Jaman aku kecil, pekerjaan tani di desa kebanyakan masih memakai sapi atau kerbau, jarang sekali aku melihat traktor waktu kecil. Sepertinya dengan traktor memang pekerjaan lebih ringan dan cepat.


Dalam perjalanan pulang, ternyata pas ketemu Pakde Mo yang mengelola sawah mertua. Langsung dia mencabut beberapa tanaman kacang tanah dan kedelai sebagai oleh-oleh untuk kami bawa pulang.


OOT: Jenis rumah joglo yang masih ada di daerah Nganjuk ini, entah punya siapa gak kenal. Arsitektur rumah tradisional, yang jaman sekolah diajarkan sebagai rumah adat Jawa…

A Manthis

Image
Cuma seekor belalang nangkring di pohon depan rumah pakde. Tapi terus terang, belalang model ini jarang aku lihat, biasanya warnanya hijau.

White Dog

Image
Anjing-anjing peliharaan Mas Lulut (pakdenya Timothy) sedang diparkir ditaruh di halaman rumah mereka.


Mereka menggonggong terus, untung di rantai, meskipun demikian aku tetap gak berani mendekat. Belum yakin apakah jinak atau tidak. Katanya sih justru Timot sering mem-bully kedua anjing itu.


Lucunya .... bulunya cukup tebal, putih bersih.

Christmas Holiday : Jogging on Klotok

Image
Memanfaatkan waktu yang ada, aku ingin jalan pagi-pagi ke sekitar gunung Klotok. Sebenarnya tujuan utamaku adalah mendaki puncak bukit Maskumambang, tapi ternyata ibu mertua ikut serta dan dia punya jalur sendiri, yaitu di sepanjang jalanan yang mengitari gunung Klotok. Jadinya ya aku ikut aja.

Sudah lama aku gak melihat tupai di alam liar, sudah jarang ditemukan. Biasanya memang binatang ini dianggap hama karena mencuri buah-buahan dan jarang yang memeliharanya.


Jalanan masih sepi, warung-warung kopi yang ada di sekitar ini juga banyak yang tutup. Tapi tetap saja ada terlihat beberapa orang berjalan santai maupun olahraga.


Langit tampak cerah di pagi ini, dan rindangnya pepohonan membuat udara sejuk meskipun matahari sudah mulai tinggi.


Dimana banyak bunga, disitu banyak kupu-kupu, termasuk di sepanjang jalan jogging ini :)


Dua orang ini emang gak niat olahraga. Jalannya pelan, kebanyakan istirahat. Eh, giliran balik pulang, mereka jalan cepat banget ... dan mampir di warung :)


Semp…

Christmas Holiday : Popoh Tulungagung

Image
Masih di Tulungagung, kalau pantai Sidem adalah perkampungan nelayan, pantai Popoh sepertinya dikhususkan sebagai tempat kunjungan wisata. Ada tempat parkir khusus dan pendopo di bangun di lokasi ini dengan berbagai faslitas pendukung.


Pantainya cukup tenang, banyak perahu nelayan merapat di sini, sementara tepian pantainya tidak banyak pasir seperti di pantai Sidem. Pantai ini cukup nyaman karena banyak pohon rindah yang membuat suasana sejuk dan tenang untuk beristirahat.


Salah satu bukti kalau tempat ini memang khusus untuk wisatawan adalah toko-toko yang menjual beragam souvenir - pakaian, kerajinan tangan khas pantai, makanan dan sebagainya. Cukup rapi dan terkelola dengan baik.


Meskipun tidak banyak pasirnya, tetap saja pengunjung ingin berbasah-basah di pantai ini. Semakin sore air laut semakin naik sehingga pasirnya benar-benar tertutup air laut.


Kok ada bendera negara lain selain bendera merah putih ya? Seperti bendera itali atau spanyol. Apa memang itu kapal punya negara la…