Posts

Showing posts from September, 2013

My Food Pics @ September 2013

Image
Kepikiran membuat post berisi foto-foto makanan yang aku potret selama sebulan. Aku tidak terlalu sering memotret makanan, hanya saat kurasa cukup istimewa atau lagi benar-benar iseng saja. Karena tidak banyak, jadi postingnya dirapel juga :)

Mencoba menu kambing di Pepper Lunch Central Park, kebetulan lagi ada sedikit promo. Rasa karinya enak, tapi aroma kambingnya masih sedikit menyengat meskipun tidak terlalu mengganggu.


Nah, yang diatas steak di Waroeng Steak yang murah meriah di Jl. Kebayoran Lama. Sejak pindah kontrakan jadi jarang mampir ke sini karena jauh. Sebenarnya ada cabang yang dekat, tapi kalau dijangkau jalan kaki atau naik angkutan umum cukup melelahkan juga. Pas lagi ada perlu dekat sini, mampirlah buat makan siang.


Yang ini bukan makanan utama, cuma jeruk nipis pelengkap makan soto madura di samping Tomang Tol. Pas iseng sambil nunggu penjualnya mempersiapkan makanan.


Steak yang satu ini daging import jadi harganya juga bisa 10x lipat steak daging lokal. Makan di R…

Fogging for Mosquito

Image
Seorang petugas menyemprotkan asap di selokan pinggir jalan, diiringi oleh Pak Ketua RT (sudah berlalu di depannya) dan beberapa anak kecil yang setia mengikuti. Padahal bau asap yang disemprotkan untuk mengatasi nyamuk ini sangat tidak menyenangkan.


Sejak pagi pak ketua RT sudah memberi pengumuman lewat pengeras suara di masjid tentang rencana pengasapan hari ini. Kupikir akan selesai sebelum makan siang, ternyata dari sekitar jam 9 hingga hampir sore kegiatan itu masih berlangsung.


Asap dari pengasapan ini terasa mengganggu, dan suara alatnya membuat kucing-kucing di rumah ketakutan. Nyamuk-nyamuk juga tidak segera menyingkir, cuma kecoa-kecoa yang langsung heboh berlarian keluar dari persembunyian mereka. Tapi tetap harus aku hargai usaha pihak RT untuk mengatasi masalah nyamuk ini, apalagi pengasapan ini juga gratis.

Panning Practice

Image
Sambil nunggu busway sepulang dari gereja (di halte JCC), iseng-iseng nyobain teknik panning. Intinya motret kendaraan yang sedang melaju, fokus pada satu kendaraan itu saja sehingga yang lain terkesan blur. Panning yang bagus akan memberi efek dinamis, seakan kendaraan itu melaju dengan kencang.


Sayangnya beberapa kali nyoba gak berhasil dengan baik. Milih objek dan memastikan hasilnya tajam saja sudah perjuangan.


Setelah beberapa kali mencoba, sepertinya jika objeknya makin dekat, hasilnya makin dramatis. Tapi tingkat kesulitan juga makin tinggi, terutama untuk mendapatkan ketajaman objek yang jadi titik utamanya. Yang, setidaknya iseng-iseng ini membantu membuang rasa penat karena kelamaan nunggu busway.

Short Story of Milo, Poor Cute Paralyzed Kitten

Image
Tak kusangka kalau siang ini adalah terakhir kali aku memberi makan kucing kecil imut ini. Aku bela-belain beli makanan kaleng karena sejak semalam dia enggan makan. Aku cukup lega karena waktu aku beri makanan, dia makan meskipun sedikit. Lalu aku tinggal pergi untuk meeting di Kemang.


Kucing kecil ini lumpuh kedua kakinya, "dibawa" oleh tetanggaku ke depan rumah. Tetanggaku sih gak ngaku kalau dia yang bawa, tapi aku sendiri melihat dari balik jendela waktu dia membawanya. Merasa kasihan, kami memutuskan untuk merawatnya. Esoknya istriku membawanya ke dokter dan di-rontgen, tampak kalau tulangnya sudah remuk dan tidak bisa pulih lagi.

Dokter sempat bertanya, "Gimana, sanggup ngerawat?" Soalnya dengan kondisi seperti itu jarang ada yang mau memelihara. Ya gimana lagi, dah terlanjur kasihan. Dugaan istriku, biasanya kalau sudah seperti ini tidak bisa bertahan lama. Tapi aku lihat kucing ini punya semangat juang yang tinggi. Buktinya dia bisa bertahan. Meskipun lum…

Full Red Moon - Mid Autumn Day

Image
Bulan tampak bulat sempurna di atas langit Jakarta yang cerah malam ini, masih tampak terang dan jelas meskipun kota ini penuh dengan polusi udara dan polusi cahaya. Yang agak unik buatku, bulan kali ini berwarna agak jingga, malah mendekati kemerahan.


Tadi siang bos cerita, kalau malam ini adalah festival kue bulan (Moon cake festival), yaitu bulan purnama di tengah musim gugur. Keturunan Tionghoa di berbagai negara merayakan saat ini, dan biasanya disertai dengan menikmati kue bulan dan teh tradisional.

Sparrow and Antenna

Image
Sore itu seekor burung nangkring di atas antena tivi tetangga sebelah. Biasanya sih bergerombol, tapi entah kok yang ini cuma sendirian, mungkin dia terpisah dari kelompoknya, atau sengaja memisahkan diri.


In Memorial: Kucing Ringgo

Image
Ternyata kucing ini hanya sanggup bertahan 1 hari lebih lama dibanding kedua temannya.



Kucing ini pertama kali tampak di samping rumah, mengeong-ngeong dengan suara nyaring meskipun badannya kecil. Ekornya panjang, lehernya kecil. Hampir sepanjang malam dia mengeong, sepertinya masih belum lepas susu, jadi masih ingin mencari induknya. Kata bocah-bocah yang main di depan rumah, kucing ini memang dibuang oleh pemiliknya. Oleh tetanggaku yang tinggal di samping rumah, kucing ini sengaja diletakkan di depan rumahku "Sini aja banyak temannya", sempat aku dengar kurang lebih dia berkata begitu.

Seperti Ciko, kucing ini juga selalu ingin masuk ke rumah. Tiap pintu dibuka, akan berusaha masuk dan langsung lari menuju dapur. Saat awal dia lincah, langsung bermain sendirian di sofa. Sayangnya, tak lama kemudian dia ketularan Miow. Mulai pilek dan matanya juga kena infeksi. Tiap diberi obat, biasanya sembuh, tapi tak lama kemudian akan kambuh lagi.



Kucing kecil ini adalah partner berma…

In Memorial : Kucing CIko

Image
Kucing kecil ini adalah adiknya Lolo, kucing yang sudah lebih dulu kami adopsi. Pertama kali aku melihatnya melintas depan rumah, tapi diajak oleh tetangga belakang rumah, meskipun kemudian dibalikin lagi. Waktu itu induknya masih mau merawat, tapi setelah induknya disteril, dia berkelana sendiri.



Waktu datang ke teras rumah dan mulai bergabung tinggal di sana, dia sudah cukup besar, mgkn sudah 2-3 bulan. Cukup akrab dengan orang, dan rajin meminta makan. Dia lebih sering tinggal di taman punya tetangga depan rumah, meskipun tak jarang diusir oleh kakek penghuni rumah itu.



Kami tidak mengadopsinya, tapi merawatnya di teras rumah seperti Miow dan kucing liar lainnya. Tapi ternyata dia berharap bisa tinggal di dalam rumah. Dia selalu berusaha untuk masuk ke dalam rumah dan tinggal di dalam. Bukan hanya karena ingin mendapat makanan, tapi kadang dia sengaja tidur di dalam rumah, enggan pergi keluar. Pernah juga dia nyelonong masuk rumah, hanya untuk tidur di atas meja.

Pernah beberapa k…

In Memorial : Kucing Miow

Image
Istriku pertama kali menemukan Miow di belakang rumah, mengeong-ngeong sendirian di tengah hujan. Karena kasihan, dibawalah ke teras rumah dan dirawat. Sehat, perutnya gendut, nafsu makannya bagus. Sayangnya karena masih kecil, dia sempat kesulitan makan, hanya bisa menggigit sedikit demi sedikit.

Tiap pintu rumah dibuka, dia akan langsung menerobos masuk, mengeong-ngeong minta makan. Suaranya yang kecil membuatnya aku panggil Miow. Karena buncit dan bulunya masih njegrak, Andre sering menyebutnya ulat bulu :)


Karena terlalu dini pisah dari induknya, dia jadi kurang terlatih membersihkan diri sendiri. Akibatnya badannya bau. Geregetan, istriku memandikannya. Setelah mandi dia langsung ngambek dan lari ke luar pagar, meskipun cuma ndekem di depan rumah, gak pergi jauh. Tapi memang kucing ini kalau ngambek selalu lari keluar pagar, dan duduk di depan rumah.



Makannya agak rewel, tapi selalu ingin makan seperti gak ada kenyangnya. Kalau aku keluar rumah, dia sering "ngintil" hi…

My Neighbour's Girl Wedding

Image
Janur kuning dan informasi nama mempelai terpasang di depan gang yang berujung di samping rumahku. Mempelai wanitanya adalah anak dari tetangga belakang rumah, aku sendiri gak kenal, tapi dapat undangan karena kenal baik dengan kedua orangtuanya.


Acara pernikahan diadakan di jalan depan rumah, persis di depan masjid. Tidak terlalu mewah, seperti layaknya acara pernikahan di kampung, tapi acara berlangsung dari pagi (jam 10) hingga malam hari dengan suguhan organ tunggal. Saat siang masih tidak banyak tamu, tapi pas malam tampak makin banyak tamu yang datang.


Sepertinya inilah pernikahan yang aku hadiri atas undangan orangtua mempelai dan aku sama sekali tidak mengenal kedua mempelai. Biasanya aku hanya menghadiri pernikahan teman-temanku saja, atau teman-teman istriku.


Nah, terbukti memang benar bapak satu ini ada hubungan saudara dengan pak Budi dan bu Warni (tetangga yang punya hajatan). Rupanya memang dia adik kandung pak Budi, yang juga aku baru tahu kalau mereka bermarga Siregar…

Old-fashioned Way, Coffee Cup on a Plate

Image
Pas beli es buah di perempatan dekat rumah, aku lihat pemandangan menarik : sebuah cangkir di atas piring kecil. Dugaanku cangkir/mug itu berisi kopi, dan piring yang jadi alas itu dipakai untuk minum kopi.


Aku sendiri tidak pernah minum dengan cara seperti ini, tapi sudah lama aku menyaksikan orang-orang tua, dan juga pengunjung warteg minum dengan cara itu, nampak nikmat sekali. Kok gak langsung minum dari cangkirnya? Entah, mungkin piring dipakai untuk sedikit mendinginkan. Yang jelas ada kenikmatan tersendiri tampaknya.

Belum pernah aku melihat orang minum kopi dengan cara ini di Starb$$k atau cafe lain di mal :)

Tugu Kemanggisan

Image
Eh, ada yang baru di pertigaan (atau perempatan) kantor pajak Kemanggisan Raya ini. Sebuah tugu kurang lebih 3 meter ada di tengah-tengah taman. Dulu aku sering nunggu angkot di tempat ini waktu tinggal hampir selama 8 bulan di Budi Swadaya. Menurut sebuah spanduk di sisi jalan, tugu ini diresmikan tanggal 9 September.


Ternyata yang tidak hanya tugu Kemanggisan, tapi taman dan lapangan kecil di sampingnya juga sudah rata dengan tanah, sepertinya hendak dilakukan pelebaran jalan. Sayang sekali kalau tempat ini berubah jadi jalanan, kemacetan tidak akan berubah, tapi taman bermain dan area terbuka jelas hilang. Padahal Jakarta, khususnya di kawasan gak elit, sangat kurang taman bermain. Belum lagi pepohonan rindang yang dikorbankan dari pembangunan ini.

Moga saja pemerintah terkait sudah memikirkan masak-masak pembangunan ini, dan bisa mengganti kerindangan pohon yang sudah banyak hilang di kota besar ini.

Silhouette & Double Reflections

Image
Cahaya yang terang dari luar sementara cahaya di dalam ruangan yang cukup redup membuat efek siluet yang baik bisa tertangkap. Sedangkan lantai yang mengkilat dan kaca etalase yang bersih menghasilkan efek cermin (pantulan) dari vertical dan horizontal.


Entah mengapa, sering sekali aku melihat samping outlet Pull&Bear di mal Central Park Jakarta ini jadi favorit pengunjung untuk berfoto narsis.

Sepertinya aku jadi penasaran untuk mencoba mengambil foto semacam ini di tempat serupa, mungkin bisa jadi koleksi yang menarik.

Activities During Blackout

Image
Pas sudah hampir waktunya tidur listrik mati. Kalau tidur di kamar bakalan kepanasan, belum lagi nyamuk bejibun karena harus buka pintu. Jadi mendingan sekalian saja tidur di teras, dengan lilin dan obat nyamuk bakar.


Tak lupa ditemani raket nyamuk, karena nyamuk-nyamuk cukup bandel dan tidak mudah diusir dengan obat nyamuk bakar.


Untunglah lampu padam cuma satu jam, jadi langsung bisa lanjut beraktifitas lagi. Tapi mood untuk lembur sudah hilang, jadi lanjut saja aktifitas foto-foto iseng.