24 December 2012

Christmas Holiday : Farming Land in Nganjuk


Bibit-bibit padi yang sudah siap ditanam, bersebelahan dengan tanaman kacang kedelai di sebelahnya. Musim hujan telah tiba, sebentar lagi kacang kedelai itu akan dipanen dan diganti dengan padi.


Ini pertama kali aku berkunjung ke Nganjuk, tempat asal ibu mertua. Bersama bapak mertua, aku mengunjungi sepetak sawah kepunyaan mereka, yang dipercayakan ke pakde untuk dikelola.


Nampak seorang petani sedang menggarap tanahnya dengan traktor. Jaman aku kecil, pekerjaan tani di desa kebanyakan masih memakai sapi atau kerbau, jarang sekali aku melihat traktor waktu kecil. Sepertinya dengan traktor memang pekerjaan lebih ringan dan cepat.


Dalam perjalanan pulang, ternyata pas ketemu Pakde Mo yang mengelola sawah mertua. Langsung dia mencabut beberapa tanaman kacang tanah dan kedelai sebagai oleh-oleh untuk kami bawa pulang.


OOT: Jenis rumah joglo yang masih ada di daerah Nganjuk ini, entah punya siapa gak kenal. Arsitektur rumah tradisional, yang jaman sekolah diajarkan sebagai rumah adat Jawa Tengah. Sayang sekali kondisi rumah itu kurang terawat, padahal jenis rumah seperti ini sudah jarang ada.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...