Posts

Showing posts from 2017

Bezuk Tetangga di RS Pondok Indah Bintaro

Image
Ini bukan lagi piknik atau lanjut makan makan di restoran, melainkan habis membezuk salah satu tetangga yang sedang dirawat di rumah sakit ini, seusai acara halal bi halal. Yup, ini lobby rumah sakit yang interiornya ditata ciamik layaknya hotel atau mall.

Makanya habis menjenguk yang sakit, pada gatel foto-foto, untung saja tempatnya lagi sepi, jadi gak ketahuan norak dan ndeso nya hehehe.


Buatku sih baru sekali ini lihat rumah sakit yang interiornya menarik seperti ini, bikin betah buat nunggu. Tapi cukuplah jadi penjenguk, amit-amit jangan sampai jadi pasien di sini. Sakit aja amit-amit, apalagi di sini, mahal :D


... bambunya asli, tapi daunnya plastik, apalagi pandanya ...

Makan-Makan Lagi

Image
Ibu-ibu kompleks sudah mulai duluan mengambil makan di acara halal bi halal tahun ini, sembari menunggu bapak-bapak yang sedang menunaikan sholat berjamaah. Ini kali ke-3 acara makan-makan bareng dalam tahun ini, dengan konsep yang sama, potluck party.


Meskipun tidak seramai kedua acara sebelumnya, tapi ya lumayan banyak juga yang ikut serta, dan yang jelas cukup meriah. Tujuan utamanya jelas bukan sekedar menikmati makan, tapi lebih untuk silaturahmi, biar makin akrab dan kompak.


Jaman sekarang acara gak lengkap kalau gak pakai foto-foto, wifie dan selfie ria :)
(.. sekali-kali upload foto para macan kompleks deh hehehehe ..)


Di tengah acara ada yang bawa gitar, ya lumayan buat makin meramaikan suasana. Ke depannya sedang dipikirkan cara agar bisa karaokean rame-rame :)


Sebentar lagi bulan agustus, berarti bulan depan bakal ada acara kayak gini lagi, ngumpul-ngumpul buat 17an. Semoga bisa lebih meriah, meskipun bukan kompleks besar, jadi RT saja belum memenuhi syarat :)

Reuni Kecil dan Mencoba Jalur Lebak Bulus - Kampung Rambutan

Image
Meski sudah setahun dibuka jalur busway antara Lebak Bulus - Kampung Rambutan, baru hari ini aku mencoba jalur itu. Hari ini ada acara "reuni" kecil bersama beberapa teman SMP dulu, dan tempatnya ada di Cibubur. Hanya saja aku janjian dengan beberapa teman untuk bertemu di daerah Cijantung dan berangkat bareng-bareng ke Cibubur.


Karena pembangunan MRT yang sedang berlangsung, halte Transjakarta di Lebak Bulus digeser ke pinggir jalan, dan sempit. Rute Lebak Bulus - Kampung Rambutan ini belum punya jalur busway khusus, jadi masih menyatu dengan kendaraan lain. Juga belum ada halte khusus, jadinya tidak jauh beda dengan naik Kopaja/Metromini.


Kami tiba di Cibubur sekitar jam 4, jauh meleset dari perkiraan kami sekitar jam 1 siang. Ya memang acaranya santai dan jalanan menuju ke sana sudah terkenal macetnya, tidak mengenal  libur.


Meski hanya berlima, tapi cukup menyenangkan bisa berkumpul dengan kawan lama berbagi cerita dan kenangan, tetap menjalin persaudaraan.


Acara bubar …

Matahari Senja Itu

Image
Sore itu, sebelum terbenam, matahari tertutup awan tipis yang membuat sinarnya tidak terlalu menyilaukan.



Mengintip Senja Dari Stasiun Kebayoran Lama

Image
Satu rombongan keluarga melangkah menuju gerbang keluar di dalam gedung stasiun kereta api yang sore ini tampak sepi.


Sore ini aku berniat untuk berkunjung ke tempat Bang Udin, salah satu keluarga dekat di Jakarta yang merayakan Idul Fitri, sesuai tradisi. Setiap tahun, tempat inilah yang "wajib" aku kunjungi di hari raya. Sayangnya kali ini istri dan anakku sedang sakit batuk+pilek, meskipun tidak parah tapi kami kuatir kalau kondisi mereka makin parah, jadi lebih baik mereka beristirahat saja di rumah. Jadinya aku sendirian.


Aku baru sempat berangkat sore hari karena semalam tidak bisa tidur nyenyak, akibatnya siang hari aku memilih untuk "membayar hutang" istirahat itu. Apalagi pagi harinya aku "bertugas" meliput acara sholat ied di kompleks.


Aku cukup beruntung karena tiba di Kebayoran Lama pas menjelang matahari terbenam, jadi aku berhenti sejenak di gedung stasiun untuk menikmati (dan tentu saja mengabadikan) momen ini.


Saudaraku tinggal persis di …

White-Headed Munia alias Emprit Kaji

Image
Semula, burung-burung kecil seperti emprit atau pipit dan burung gereja itu sama-sama termasuk jenis sparrow. Ternyata dugaanku salah, untunglah ada kenalan senior yang memberikan koreksi lengkap terhadap postingan fotoku di Facebook. Emprit bukanlah sparrow, tapi termasuk kelompok munia. Ada beragam jenis munia atau emprit, dan kebetulan yang paling sering aku temui di sekitar kompleks adalah emprit kaji atau white-headed munia atau Lonchura Maja.


Bentuk tubuh serta warna bulunya sangat khas, berbeda dengan burung gereja yang cenderung coklat bermotif.  Yang paling khas dari burung ini, sesuai namanya, adalah kepalanya berwarna putih, sementara bagian bawah leher berwarna coklat tua, tanpa banyak motif.


Kebetulan di kompleks ada beberapa kavling yang masih kosong, entah karena penghuninya tidak jelas, atau memang sengaja dibiarkan kosong oleh pemiliknya, karena dipakai untuk investasi. Karena jarang dirawat, rumput-rumput liar tumbuh sangat subur di lahan itu dan mengundang banyak b…

Idul Fitri 1438H

Image
Salah satu warga sedang memberikan kata-kata pembuka sebelum dilaksanakannya Sholat Ied di lapangan kompleks pagi ini. Kalau tidak salah, ini pertama kali sholat idul fitri diadakan di tempat ini, setelah sebelumnya "sukses" mengadakan sholat idul adha di tempat yang sama tahun lalu.


Sehari sebelumnya beberapa tetangga sudah memintaku untuk mendokumentasikan kegiatan kali ini, padahal tanpa diminta pun, kalau aku ada waktu pasti aku semangat foto-foto. Bedanya kalau dimintain tolong, jadi ada "beban" tersendiri, gak enak juga kalau hasilnya mengecewakan. Acara ini sekaligus buat ngetes kamera baru yang selama ini cuma kebanyakan dipakai buat motret burung dan kucing hehehe.


Cuaca hari ini lumayan cerah, meskipun matahari pagi masih tertutup awan tipis yang menghalangi sinarnya. Di satu sisi cukup menguntungkan lagi, karena tidak terlalu terik dan tidak membuat silau pembicara (khatib) yang menghadap ke arah timur. Tapi jadinya pencahayaan untuk memotret jadi sedik…

Ayam Jago Kate

Image
Hampir tiap hari, terutama siang hari, ayam kate jantan punya tetangga ini mampir ke rumah. Mungkin karena di depan rumah ada sisa-sisa makanan buat kucing jadi dia tertarik untuk mampir sembari mengais makanan.


Anehnya juga, menurutku sih, hampir setiap siang dia berkokok cukup kencang di depan rumah. Seingatku ayam jantan berkokok kalau pagi hari, justru ini paling sering aku dengar pas tengah hari hehehe. Biasanya juga pas El (dan aku) lagi tidur siang, jadi mungkin dia sengaja berkokok untuk membangunkan kami ... ada-ada saja.


Kebetulan El senang sekali melihat ayam. Sore ini waktu jalan-jalan, mendadak dia berlari sekencang mungkin menuju rumah, dari jarak sekitar 50 meter. Padahal sebelumnya dia menolak waktu aku ajak pulang. Rupanya dia melihat ayam kate ini di depan rumah, dan langsung dikejar. Tentu saja usaha yang sia-sia, dan ayampun pulang ke kandangnya :D

Buka Bersama Warga Kompleks

Image
Salah satu acara tahunan warga komplek setiap bulan Ramadhan adalah buka puasa bersama di mushola. Tahun ini, seperti acara kumpul-kumpul sebelumnya, nuansanya juga potluck party, jadi setiap warga menyumbang makanan.


Akibatnya makanan jadi begitu melimpah. Wajar saja, karena setiap orang berusaha memastikan setidaknya makanannya tersedia untuk separuh warga - karena warga yang hadir jarang bisa 100%. Keuntungan, jenis hidangan jadi sangat beragam baik makanan, minuman maupun makanan ringan.


Acaranya sendiri bersifat cair, tidak ada ceramah khusus atau pertunjukan hiburan, toh waktunya juga terbatas. Paling beberapa orang senior menyampaikan sedikit pesan. Acara utama ya makan-makan, diselingi sholat bersama (Maghrib dan Isya).


Salah satu manfaat, serta tujuan utama, acara seperti ini jelas bukan kesempatan untuk makan enak,tapi lebih pada silaturahmi warga agar lebih saling mengenal dan akrab. Makanya cukup disayangkan ketika ada warga yang tidak bisa hadir, baik karena berhalangan …

Sejenak Menikmati Cahaya Purnama Di Situ Bungur

Image
Malam hari, Situ Bungur terlihat sepi, mungkin karena banyak yang lagi tarawih atau lebih memilih berada bersama keluarga sehabis berbuka puasa. Cuaca malam ini sebenarnya lumayan menyenangkan untuk menikmati suasana malam di tepi danau. Angin sepoi di tengah udara yang hangat, pas untuk sekedar refreshing. Tapi aku cuma sebentar saja di tepi danau ini, sekedar sejenak mengabadikan suasana malam ini yang diterangi cahaya bulan purnama.


Tidak banyak lampu di sekitar danau, membuat suasana malam jadi terkesan sepi. Beda dengan danau-danau di Singapore yang penuh gemerlap lampu malam di sekitarnya. Ada untungnya juga suasana yang agak gelap ini, membuat cahaya bulan purnama bisa dinikmati lebih indah, tanpa banyak polusi cahaya.


Bulan bersinar bulat sempurna....

Awan Tipis di Langit Cerah

Image
Dua hari terakhir ini langit mulai berawan meskipun masih panas dan belum turun hujan. Sudah hampir seminggu tidak turun hujan, nyamuk mulai bejibun dan katanya ular-ular juga mulai keluyuran keluar sarang.


Yang menarik dari awan-awan ini, karena tidak merata, bisa membuat adanya berkas cahaya matahari yang tampak indah dilangit, terpancar di sela-sela awan.

Kondisi Situ Legoso Sekarang

Image
Melihat perubahan yang terjadi pada Situ Parigi dan Situ Rompong, membuatku penasaran bagaimana dengan Situ Legoso alias Situ Kuru, yang persis di samping kampus UIN Ciputat. Makanya waktu ada kesempatan aku mampir sejenak ke Situ Legoso. Jalanan menuju danau kecil itu sudah rapi beraspal, tidak lagi kasar bocel-bocel seperti dulu.


Tapi kondisi danau tetap tidak ada perbaikan, bahkan mungkin lebih parah. Sepertinya belum ada lagi aktivitas pengerukan, dan masih penuh sampah serta sepertinya malah makin dangkal. Aromanya? Jangan ditanya lagi, jelas tidak menyenangkan.

Mungkin ada kendala jalan akses yang memang lumayan sempit. Tapi kurasa juga karena warga sekitar, terutama pendatang, tidak terlalu ambil pusing dengan kondisi danau. Ya semoga saja pemda sudah punya rencana yang baik (dan berani tegas) demi melestarikan danau kecil ini.