25 February 2019

Playgroup Trial


El senang-senang saja waktu disuruh pakai baju rapi, lengkap dengan sepatu dan tas. Baginya, bepergian artinya bermain. Rencananya, selama dua hari (Senin dan Rabu, tanggal 18 dan 20), dia diberi kesempatan untuk mencoba 'sekolah' di playgroup. Rencananya tahun ini kami ingin memasukkan El ke playgroup, dan pilihan kami jatuh ke sekolah Ibu Kelinci, tidak begitu jauh dari rumah.


Seperti dugaanku, El sangat antusias bermain. Meski tidak luas, tapi sekolah ini punya tempat bermain yang bagus, dan di dalam ruangan ada banyak mainan. Saat anak-anak lain serius mengikuti penjelasan para guru, El asyik di pojokan bermain dengan mainan-mainan yang ada.


Ada waktu istirahat untuk makan dan di sini murid-murid diajar untuk tertib mulai dari saat cuci tangan, mengambil peralatan makan, saat makan dan selesai makan. El masih agak kesulitan untuk mengikuti semuanya, untunglah para guru cukup sabar dan telaten, setidaknya El mau menuruti hampi semua arahan.


Karena pas hari Senin,ada juga upacara bendera. Susah payah mengajak El untuk ikut berbaris, dan tidak sampai 5 menit dia sudah ngacir dan berkeliaran mencari mainan :(. Mungkin karena masih terlalu asyik dengan mainan dan area bermain, El tidak terlalu peduli dengan teman-teman di sekitarnya.

Sempat tidak mau diajak pulang, ya dengan sedikit paksaan mau juga. Yang repot lagi, dia sempat ingin membawa mainan dari ruang kelas ... waduh.

Pagi itu El sebenarnya bangun cukup pagi, sebelum jam 6, dan biasanya jam 10an dia akan tidur lagi. Tapi karena terlalu senang bermain di sekolah, dia enggan tidur sampai jam 2 siang. Alhasil, dia kecapekan dan besoknya demam. Jadwal trial berikutnya (hari Rabu) terpaksa dilewatkan karena El sakit, bahkan hingga hari Senin minggu depannya. Ya sudah, toh dari pengamatan kami aktivitas belajar mengajar di sini cukup bagus, jadi kami putuskan untuk mendaftarkan El dan mulai masuk semester depan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...