04 June 2012

Busway Line


Kadang, polisi menilang kendaraan yang melintas jalur busway, kadang juga mengijinkan. Kadang "petugas" seperti sengaja memberi kesempatan buat pelanggaran, seperti terlihat adanya kekosongan dalam batas pemisah jalur busway, seperti sengaja diberikan agar pengguna kendaraan pribadi bisa dengan mudah menerobos jalur busway.

Fleksibilitas memang perlu, tapi dilain pihak menimbulkan ketidakkonsistenan penegakan hukum, yang ujung-ujungnya membuat ketidakpercayaan terhadap penegakan hukum itu sendiri, karena hukum jadi tidak berwibawa. Bagi orang yang taat aturan, ini jelas bikin geregetan. Bagi orang yang gemar melanggar hukum, semakin menguatkan keyakinan mereka bahwa "hukum dibuat untuk dilanggar". Negeri yang aneh!

NB: foto diambil saat kondisi lalu lintas tidak macet, bukan keadaan darurat sehingga tidak sepantasnya melakukan "pelanggaran" lalu lintas seperti ini. IMHO.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...