12 October 2013

Morning Walk to East Coast Park


Pertama kali menikmati hari Sabtu di Singapura, dan kebetulan bisa bangun pagi, aku manfaatkan buat jalan-jalan sendiri. Tujuanku kali ini adalah menuju pantai yang ada di sebelah selatan Bedok - East Coast Park. Aku berjalan menyusuri kanal Bedok, kemudian belok menuju Upper East Coast, dan selanjutnya belok lagi menyusuri Guard Rd.


Seekor kucing liar tampak sedang bersantai di salah satu pagar apartment, dan mendadak memasang wajah waspada waktu aku berniat memotretnya. Kucing liar di kota ini tidak sebanyak di Jakarta, tapi biasanya gemuk-gemuk.


Sepanjang jalan banyak kutemui papan petunjuk jalan seperti ini, juga informasi yang menunjukkan arah menuju pantai timur. Pokoknya informasinya benar-benar lengkap, dan akurat. Beberapa kali juga aku berpapasan dengan mbak-mbak yang lagi ngajak anjingnya berjalan-jalan pagi, sambil membawa plastik dan koran untuk membawa kotoran anjing.


Ini adalah fasilitas militer yang katanya sering dipakai sebagai tempat latihan bagi para pemuda yang menjalani wajib militer. Dengan jumlah penduduk yang sedikit, Singapura menerapkan wajib militer bagi warga negaranya yang sudah lulus sekolah, kalau gak salah 1 tahun sebelum mereka memasuki masa kuliah. Sempat baca juga di koran lokal, katanya pemerintah sedang berwacana agar wanita dan Permanent Resident juga disertakan dalam wajib militer.


Sebuah burung besar terbang melintas, entah burung apa kurang jelas juga. Yang jelas ukurannya kurang lebih lima kali lipat burung pipit.


Nah, sampai juga di jalan bebas raya ECP. Kalau dihitung jarak dari Bedok Pl, harusnya gak sampai 2km, atau kurang lebih segitu lah. Masalahnya aku tidak bisa langsung nyeberang jalan raya itu.


Untuk mencapai taman pantai timur ini aku harus mengikuti jalan yang ada menuju salah satu terowongan yang menghubungkan ECP dan Bedok, dan harus menempuh jarak hampir 1 km lagi... fuih...


Setelah melewati terowongan itu, akhirnya aku tiba di taman pantai timur itu. Keluar dari terowongan aku langsung bisa menatap pantai, dengan pepohonan yang rindang dan banyak orang berolahraga di sini. Memang tempat yang ideal untuk refreshing dan berolah raga, entah sekedar jalan kaki, bersepeda, jogging, dan sebagainya. Fresh....

#pantai #jalanpagi #taman #pepohonan #kucing #akhirpekan #weekend #park #sport #burung

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...