28 December 2019

Mudik 2019 : Hari Ke-7, Waktunya Pulang


Hari ini di rumah saja, siap-siap untuk pulang. Andre dan pacarnya sudah lebih dulu berangkat pulang ke Jakarta, oleh-oleh juga sudah dibawa mereka. Jadi santai saja bermain di rumah menikmati cuaca cerah nan panas.


Kebetulan anak-anak juga santai saja bermain di sekitar rumah yang terlalu luas untuk ditinggali dua orang lagi. Eyang Uti dan Eyang Kakung bisa sejenak merasakan ramainya rumah dan melihat cucu-cucu bermain. Ah, sayangnya mas Timothy gak iku bergabung.


Meski belum pulih, kondis eyang kakung jauh lebih baik daripada tahun lalu. Beliau masih mampu jalan sendiri, bahkan juga mandi sendiri (dengan membawa kursi ke kamar mandi). Makanya kalau perjalaan tidak lama, beliau masih bisa ikut dan jalan pelan-pelan. Secara keseluruhan, liburan tahun ini menyenangkan, jauh sekali dibanding tahun lalu yang hanya pindah tidur karena semua sakit, termasuk eyang kakung sempat dibawa ke rumah sakit juga.


El sudah tidak sabar ingin naik kereta api lagi, ingin pulang bermain bersama temannya di rumah (aka si Upin). Seperti saat berangkat dari Jakarta, kereta Gajayana yang berangkat dari Kediri kali ini juga lebih awal, sekitar jam 4.15 sore. Sambil menunggu kereta tiba, El asyik bermain dengan anak sebayanya.


Enaknya berangkat lebih awal adalah kami bisa lebih banyak menikmati pemandangan alam, setidaknya sepanjang Kediri - Kertosono - Nganjuk. Dalam perjalanan pulang ini di dalam kereta banyak anak kecil juga, dan di bangku belakang ada anak sebaya El. Jadinya El dan Fe lebih sering bermain dengannya, - sesekali berebut mainan,, sampai mereka turun di Jogja. Banyak yang turun di Jogja, tapi banyak juga yang naik dari Jogja, jadi gerbong tetap penuh.  Setelah tidak ada teman bermain, El dan Fe istirahat, dan tidur tidak terlalu malam. Lumayan bisa istirahat sepanjang jalan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...