26 December 2019

Mudik 2019 : Hari Ke-5, Rusa dan Renang


Kemarin El sempat melihat kolam renang waktu pulang dari Selomangleng, dan merengek untuk pergi berenang. Karena tidak ada agenda apa-apa hari ini, aku mengajaknya pergi berenang pagi ini. Syaratnya, berangkatnya jalan kaki, melewati areal persawahan, di cuaca yang sudah panas terik meski agak sejuk karena angin. Meski jarak hanya kurang lebih 1 km, tapi El agak malas-malasan jalannya, jadi makan waktu lama.


Saat memasuki kawasan Brigif 16 Wira Yudha, sudah ada beberapa pedagang di pinggir jalan, salah satunya menjual mainan gelembung sabun. Langsung saja El minta dibelikan dan semangat bermain gelembung sabun itu di taman dekat penangkaran rusa. Karena asyik dengan gelembung sabun, awalnya El tidak terlalu tertarik dengan rusa.


Di areal penangkan rusa ini ada banyak rusa, entah apa tujuan dan keuntungan penangkaran ini bagi pihak Brigif. Tapi yang jelas, adanya tempat ini memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar : menjadi ajang pendidikan bagi anak-anak yang ingin mengenal satwa yang tidak mudah dijumpai di pemukiman ini, dan juga memberi pengalaman untuk kontak langsung dengan rusa sambil memberi makan kangkung. Bagi warga sekitar, ini memberi kesempatan untuk mencari rejeki, salah satunya dengan menjual kangkung, yang pastinya juga diambil dari petani sekitar. Udara yang masih sejuk dan penuh dengan pohon rindang membuat tempat ini juga nyaman untuk beristirahat.


Baru setelah bosan dengan gelembung sabun, El mulai tertarik memberi makan rusa - sampai habis sekitar 5 ikat kangkung. Per ikat dijual 2 ribu, dan 5 ribu dapat 3.


Di seberang penangkaran, tepatnya di lereng bukit Maskumambang sedang ada pekerjaan, entah akan dibangun apa. Moga saja pembangunan yang bermanfaat dan tetap memperhatikan lingkungan,  terutama bukit ini.


Akhirnya berenang juga di kolam renang milik Brigif 16/WY. Sepertinya kolam renang ini baru, kondisinya masih bagus, bersih dan terawat. Begitu juga dengan ruang ganti pakaiannya, lebih bagus dibanding yang selama ini dipakai El di BSD. Ada kolam khusus anak-anak dengan wahana permainannya, ada juga kolam renang umum untuk dewasa.


Tarif masuknya 12 ribu untuk dewasa dan 7 ribu untuk anak-anak. Ah, sangat murah dibandingkan dengan di Jakarta. Mungkin karena waktu liburan, jadi tempat ini ramai dengan anak-anak sekolah. Lucunya, El bertemu dengan salah satu orang tua yang menemani anaknya berenang, dan dia menganggap ibu itu adalah guru sekolahnya. Jadi aku sempat kaget waktu El nempel terus ke beliau, bermain dengan anaknya bahkan sempat dibopong oleh sang ibu. Waduh, malu juga. Untung beliau tidak masalah.


Rasanya pengen nyebur di sini, sayangnya tidak ada orang lain yang bisa mengganti untuk mengawasi El. Oh ya, aku sempat ditegur petugas karena memakai sendal  di lokasi kolam. Seharusnya sandal disimpan di rak sepatu yang disediakan.

Seperti dugaanku, agak susah mengajak El pulang. Waktu akhirnya dia mau diajak pulang, baru ketahuan kalau aku tidak membawa celana ganti. Aku hanya membawa baju ganti, handuk, popok dan celana dalam. Awalnya aku pikir El hanya akan berenang dengan celana dalam, tapi sampai di kolam renang aku suruh dia tetap memakai celana pendeknya.

Jadinya dia pulang hanya memakai baju dan celana pendek hehehe. Kami pulang naik ojek, yang kebetulan dapat driver perempuan. Untung jaraknya tidak jauh hehehe.


Usai berenang dan ganti baju di rumah, aku ajak El ke cafe untuk beli kopi dan makanan. Aku ingat kemarin dia merengek minta french fries, makanya aku cari tempat yang menjualnya tak jauh dari rumah. Tapi rupanya dia lebih tertarik bermain table hockey ketimbang makan. Yo wis, yang penting hepi.


Sebenarnya di menu tidak ada kopi hitam, tapi waktu aku tanya ternyata bisa dibuatin,meski konsekuensinya di struk ditulis manual hehehe. Belakangan aku kurang suka kopi susu ataupun kopi kreamer, perut sering mual.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...