25 December 2019

Mudik 2019 : Hari Ke-4, Nganjuk


Tante Utik ikut bercengkerama dengan kami di atas kursi roda, sementara El dan Fe asyik nonton video di handphone bersama Kila. Kaki tante retak karena masalah "sepele", jatuh di selokan, dan butuh waktu lama untuk pulih. Semoga cepat sembuh.


Om Har sedang mengamati para tukang mengayak pasir untuk merenovasi rumah warisan keluarga ini. Beliau sempat cerita, kalau tahun lalu sempat ada bantuan dari pemda berupa material bangunan untuk renovasi, tapi pengerjaannya ditanggung sendiri. Karena sifatnya bantuan, bahannya ya ala kadarnya, tapi lumayan untuk memperbaiki rumah sederhana ini. Setidaknya sekarang aku lihat lantainya sudah tidak lagi hanya dari tanah. Untuk proyek kali ini sudah bukan dari bantuan pemda lagi, sepertinya ada penambahan ruangan di bagian belakang.


Mumpung ada sepeda nganggur, kami manfaatkan buat jalan-jalan keliling. Awalnya hanya Andre, terus El ingin ikut. Karena belum terbiasa dan kuatir kakinya tersangkut di roda, aku mengikat kaki El di bawah sadel, sekenanya. Ternyata ikatan itu kendor dan membuat kaki El menghalangi pedal. Jadi separuh perjalanan Andre tidak mengayuh dengan pedal, tapi dengan menjejakkan kaki.

Aku sempat bersepeda sebentar dengan Fe, dia duduk di sadel, sementara aku di boncengan. Tidak la karena keburu turun hujan rintik-rintik.


Dalam perjalanan pulang, sempat terjadi kemacetan akibat hujan deras dsertai angin kencang. Sepanjang jalan, sudah memasuki wilayah Kediri, tampak beberapa pohon patah dan ada baliho yang rubuh, disertai genangan air karena sungai meluap. Yang parah adalah terputusnya aliran listrik membuat beberapa SPBU tidak beroperasi. Untung kami masih bisa mmbeli bensin eceran di pinggir jalan karena mobil hampir saja kehabisan bbm. Baru setelah hampir memasuki kota, ada SPBU yang beroperasi dan mobil langsung diisi penuh.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...