21 December 2019

Mudik 2019 : Berangkat


Akhirnya libur panjang tiba, waktunya mudik. Seperti biasanya, mudiknya ke Kediri naik kereta api. Sejak pagi El sudah antusias untuk naik kereta api, sampai bosan mendengar omongannya berkali-kali, "El mau naik kereta api", tentu dengan ucapan yang belum jelas.


Karena perjalanan termasuk lancar dan juga kami berangkat lebih awal, jadinya ada banyak waktu menunggu di St. Gambir. Padahal kereta berangkat jam 5 sore, lebih cepat dibanding biasanya. Agak repot juga menghadapi bocah-bocah yang tidak sabar menunggu, ditambah lagi dengan barang bawaan yang bejibun. Sesekali aku ajak El atau Fe berkeliling stasiun yang padat oleh calon penumpang.


Berbarengan dengan kami ada satu rombongan anak-anak sekolah yang juga menuju Kediri, tepatnya menuju Kampung Inggris di Pare. Sepertinya sih mereka rombongan dari kursus bahasa. Pakaiannya seragam agar mudah dikenali, apalagi tempat duduk mereka tersebar di berbagai gerbong. Ada cukup banyak yang berada satu gerbong dengan kami, dan dasar bocah berkelompok, kerjaannya main mulu lumayan heboh. Aku sempat jengkel karena sebagian mondar-mandir di gerbong dan agak berisik.


Sementara El dan Fe sudah jauh lebih anteng dalam perjalanan ini. Tidak ada lagi yang maksa untuk jalan-jalan menyusuri gerbong atau menjelajahi kereta api. Mereka cukup puas bermain di tempat duduk, sesekali mondar-mandir, tapi tidak jauh.

Sekitar jam 10 malam anak-anak sudah tidur. Fe dipangku Bunda, sedangkan El tiduran di kursi denganku, dengan kepala di pangkuanku. Posisinya agak kurang nyaman sebenarnya, karena tidak bisa meluruskan kaki, tapi setidaknya dia terus tidur sampai pagi. Justru aku yang agak sulit tidur dan sering terbangun, terutama saat kereta berhenti di stasiun tertentu.

Dulu di kereta api Gajayana ini masih tersedia kopi nusantara, kopi instant dengan racikan khusus seharga 20 ribu. Sekarang tidak ada lagi, adanya kopi saset kapal api seharga 8 ribu. Ya sudahlah, buat teman di perjalanan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...