25 December 2019

Mudik 2019 : Hari K-4, Natal


Tiap hari Natal di Kediri, kami agak ragu apakah bisa ikutan ibadah di gereja atau tidak. Soalnya ibadah Natal hanya sekali jam 5 pagi. Yup, artinya sebelum jam 4 sudah harus bangun dan siap-siap. Kabar baiknya, mulai tahun ini jam ibadah berubah jadi jam 6. Kami bisa bersiap cukup tepat waktu, syukurlah semalam anak-anak tidak ada yang begadang.


Meski sudah siap lebih awal, tetap saja terlambat dan kebagian jatah tempat duduk di balkom, paling belakang. Masih lumayan sih, kami datang belum pas waktu kotbah.


Sempat duduk selama 10 menit, akhirnya El tidak betah dan beranjak ke luar ruangan. Sementara Fe masih betah dipangku Bunda hingga akhir ibadah. Awalnya El hanya di teras atas, terus ada info soal promo mi gelas, ya sudah, turun saja untuk makan mie gratisan. Lumayan buat ganjal perut. Selanjutnya El hanya bermain di seputar gereja, kebanyakan di kawasan TK di samping gereja. Tidak seperti tahun lalu yang sampai keluyuran di jalanan. Setidaknya aku masih bisa mendengar kotbah yang disampaikan cukup jelas, yang isinya agak "nyindir" karena menyangkut soal mengajar anak beribadah.

.

Usai ibadah, antrian bersalaman dengan pendeta dan para pelayan ibadah terjadi cukup panjang. Biasa, karena hanya satu kali ibadah pagi, jadi jemaat yang datang banyak. Ditambah lagi ada tambahan pemudik seperti kami. Sebenarnya ada juga ibadah sore hari, tapi biasanya pengunjungnya sangat sedikit.


Masih sempat foto-foto dengan Eyang.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...