17 December 2019

Hari Ibu


Kalau bulan lalu para bapak memenuhi sekolahnya El, kali ini gantian para emak yang hadir menemani anak-anak mereka di sekolah. Ya, ini dalam rangka merayakan Hari Ibu Nasional yang seharusnya jatuh tanggal 22 nanti. Sayangnya, Bunda El tidak bisa ijin mendampingi, tapi untungnya aku bisa menggantikan dengan modus membantu dokumentasi.


Meski secara garis besar acara mirip dengan peringatan hari ayah, secara detail kegiatannya cukup berbeda. Ada menari (goyang maumere) dan menyanyi bersama (lagu Bunda) yang cukup mengharukan, tapi juga ada permainan lain yang lumayan seru.


Sedikit kemajuan, El justru tertarik ikut dalam acara ini, tidak sekedar keluyuran mondar-mandir sesuka hati. Dia sempat ikut berbaris, bergabung memegang tangkai bunga saat pembacaan puisi, dan cenderung lebih tenang saat acara berlangsung.


Ibu dan anak dari kelas TK siang ini sangat kompak,tidak hanya cara berpakaian tapi juga kehebohan emosionalnya. Saat penyerahan bunga dari anak ke ibu, mereka berdua menangis cukup terang-terangan, jadinya malah kocak. Terharu juga melihatnya.


Merias wajah menjadi permainan yang lumayan seru, macam-macam gaya anak di sini : ada yang tampak sudah lancar memainkan alat rias, tapi ada juga yang amburadul dan kocak. Hasil riasan tidak boleh dihapus sampai acara selesai hehehe ... Tentu, aku gak ikutan dirias di sini, gak bawa alatnya wkkwk.


Nah ini aktivitas yang paling membuat El bersemangat : menghias cupcake. Baru lihat cupcake saja El sudah semangat, apalagi pas disuruh menghias dengan berbagai toping yang ada. Gak perduli hasilnya bagus atau tidak, yang penting tumpahkan sana-sini.


Saat di dalam ruang kelas, El jauh lebih baik ketimbang saat hari Ayah. Kali ini El langsung ikut duduk dalam lingkaran dan untuk sementara waktu mengikuti arahan guru. Saat antri untuk cuci tangan dia juga bisa tertib. Hari ini giliran El yang membagi-bagikan bekal makanan teman-temannya, dan dia bisa melakukannya dengan baik meskipun tidak hafal nama teman-temannya.

Cuma saat acara mendongeng, dia mulai memilih bermain sendiri. Sempat terjadi sedikit "keributan" karena El memaksa merebut mainan yang sedang dibawa temannya. Aku bisa memaksa El mengalah, dan tak lama kemudian temannya dengan rela memberikan mainan ke El. Lega juga karena tidak harus melihat drama emosional.


Sayangnya El tidak mau ikutan teman-temannya berfoto bersama, dan sudah sangat ingin pulang.
Selamat hari ibu 2019!

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...