25 December 2014

Senja di Gunung Klotok


Sore ini aku punya waktu sebentar untuk jalan-jalan sore, menikmati matahari tenggelam di kaki gunung Klotok. Cuaca sore ini masih cukup cerah, padahal biasanya hujan atau gerimis. Aku jalan kaki hingga dekat bukit Maskumambang, kemudian balik arah ke areal persawahan di sebelah timur bukit tersebut.


Meskipun masuk wilayah kota Kediri, di tempat ini masih banyak sawah, yang sayangnya sudah mulai jauh berkurang karena alih fungsi menjadi bangunan, baik untuk hunian warga atau untuk usaha. Apalagi dekat sini katanya akan dibangun kampus yang cukup besar, harga tanah jadi melonjak cukup significant.


Sepeda onthel milik seorang petani disandarkan di pohon tepi jalan. Benar-benar suasana khas pedesaan. Aku ingat dulu punya sepeda seperti itu yang sering aku pakai untuk berkelana di kota Jogja, meskipun udara terik. Yang paling menarik dari sepeda onthel itu adalh sadelnya yang sangat nyaman, tidak seperti sadel sepeda gunung atau bmx. Kami menyebut sepeda model itu sebagai pit lanang, alias sepeda kaum pria.


Gubuk di tengah sawah ini kondisinya sudah tidak terlalu bagus, sudah agak reyot dan penuh dengan kayu-kayu. Mungkin memang fungsinya sudah berubah dan keberadaan gubuk ini tidak lagi terlalu penting bagi petani.


Di samping sawah ada lapangan yang cukup luas yang berisi berbagai jenis lapangan, mulai dari lapangan sepakbola, lapangan futsal dan juga lapangan voli. Waktu itu sedang ada yang bermain sepakbola, dan juga ada beberapa anak kecil yang hanya jadi penonton. Ah, ingin rasanya aku bergabung bermain, sayangnya aku gak kenal seorangpun, lagipula aku lagi gak punya cukup waktu. Saat aku mengabadikan momen-momen sunset ini, seorang bocah bertanya "Rekam video atau motret gambar Pak?" :) 


Rumah ini menarik perhatianku karena bentuknya seperti bangunan lama, dan seperti sebuah pabrik. Sayangnya aku tidak sempat mengamati lebih teliti, karena selain sudah mulai gelap, orang di rumah sudah mulai mencariku untuk diajak makan malam. Jadi aku harus segera bergegas pulang.

#sunset #bicycle #farm #farming #sillhouette #ricefield #soccer #mountain #hill #eastjava #kediri

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...