25 December 2014

Natal 2014


Ada rasa bersalah setiap kali menghadiri ibadah hari Natal di gereja ini (Gereja Baptis Setia Bakti, Kediri), yang sudah aku ikuti selama lima tahun terakhir ini - menggerutu. Yup, hampir setiap kali kami berangkat ke gereja untuk menghadiri ibadah Natal di tanggal 25 Desember, kami selalu menggerutu. Alasannya sepele, karena ibadah dilakukan pukul 05.00. Jadi kami harus sudah mulai bersiap sejak jam 4 subuh, alamak, hari libur kok bangun subuh-subuh. Sementara gereja lain umumnya mengadakan ibadah malam natal (christmas eve), gereja ini memilih ibadah subuh.


Selain menggerutu, kami juga datang terlambat hehehe ... Maklum, berangkat dalam rombongan yang banyak, biasanya akan saling menunggu anggota lain, jadinya telat. Untunglah ruangan gereja baru sudah cukup besar dan ada juga ruangan di lantai atas. Jadi untuk pertama kali kami mengikuti ibadah dari lantai atas. Tampak seorang polisi melakukan pantauan di lantai atas juga selama ibadah berlangsung, memastikan ibadah berlangsung dengan aman. Terima kasih pak Polisi!


... paduan suara gabungan, orang dewasa dan remaja, yang membawakan lagu Natal seusai pak pendeta menyampaikan kotbah Natal ...


Wajah-wajah ceria tampak menghiasi jemaat seusai kebaktian, meskipun aku yakin banyak dari mereka yang seperti kami juga ... belum sempat sarapan :) Toh ibadah tidak sampai 2 jam, dan keceriaan karena berkumpul bersama keluarga bisa sedikit menghilangkan rasa kantuk dan jenuh karena harus bangun subuh. Seperti biasa, pak pendeta Yosia dan istri menyambut jemaat seusai kebaktian.


Sambil menunggu waktu pulang, karena biasanya pintu keluar cukup padat dan harus antri untuk meninggalkan parkiran gereja, beberapa jemaat memanfaatkan untuk foto-foto di sekitar gedung, terutama di dekat pohon Natal. Narsis bisa dimana saja :)

Oh ya, saat menunggu waktu pulang, ada mbak-mbak baik hati yang membagi-bagikan kopi instant ABC, baik yang white-coffee maupun black-coffee (less sugar). Promosi sih, tapi ya ambil untungnya saja. Anggap saja ini kado Natal hehehe ..

#christmas #morning #church #service #people #family #festival #kebaktian

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...