26 August 2014

Whip Scorpion


Baru kali ini aku melihat "serangga" seperti ini, tiba-tiba muncul dari bawah sofa waktu aku lagi kerja lesehan. Kaget banget waktu melihat dia merayap, karena sekilas bentuknya mirip dengan kalajengking. Bedanya dia gak punya sengat di ekornya, dan capitnya juga tidak segarang kalajengking.

Segera aku usir dia keluar dengan sapu, tapi tetap aku gak berani untuk membunuhnya. Jadi aku biarkan saja dia keluyuran di luar. Waktu ada tetangga yang melihat, dia juga penasaran binatang apa ini dan memintaku untuk membunuhnya, tapi aku biarkan saja.


Setelah aku coba googling sebentar, ternyata ini disebut sebagai Thelyphonida atau "whip scorpion", entah apa bahasa Indonesianya. Meskipun mirip kalajengking, tapi dia termasuk kelompok laba-laba dan katanya tidak beracun, meskipun ekornya bisa mengeluarkan cairan asam jika terancam.

Lewat bantuan google juga, nemu juga sebutan binatang ini dalam bahasa Indonesia, yaitu ketonggeng atau kalajengking cambuk.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...