17 August 2014

Various Snapshot on Independence Day Celebration - 2014


Bocah pemulung ini sempat melintasi lapangan tempat diadakannya acara lomba 17an yang diadakan gabungan RT 11 dan 12. Bersama ayahnya memanggul karung berisi barang bekas, dia sempat memperhatikan sebentar perlombaan yang sedang berlangsung. Sedih juga, di tengah kegembiraan perayaan HUT RI ini, ada juga anak-anak yang tidak bisa ikut menikmati, bukan karena tidak mau, tapi karena terpaksa.


Bu RT sedang mengaduk minuman untuk para peserta dan panitia acara, sementara pak RT memperhatikan kegiatan yang berlangsung. Saat aku datang pak RT sempat menyapaku dan berkata "Tadi saya mau nelpon, tapi takutnya belum bangun". Eh hehehe ... memang biasanya bangun siang kalau hari libur.


Anak perempuan ini awalnya ingin ikut lomba makan kerupuk. Tapi karena kerupuknya goyang terus dan susah digigit, akhirnya malah dia menangis. Padahal ada bapaknya di belakang mendampingi dia, mungkin merasa grogi atau malu :)


Namanya boca, ada aja tingkah laku mereka saat menyaksikan perlombaan....


Dimana ada keramaian, di situ juga pedagang keliling mencari peruntungan. Termasuk penjual mainan dan tukang kue ini. Sebelumnya ada tukang bakso juga, tapi sepertinya dia sudah pindah karena laris manis.


Kedua bocah ini bukan dihukum untuk membersihkan tepung yang berceceran seusai lomba, tetapi karena niat sendiri penuh semangat mengambil tepung untuk dipakai bermain. Yah, mumpung sedang dalam suasana cerita, berkotor-kotor dikit gak masalah.


Menang tidak selalu menguntungkan. Jelas ada kepuasan dan hadiah, tapi untuk kasus lomba memecah balon berisi tepung, pemenangnya justru agak sial karena terkena tumpahan tepung di kepalanya. Anak ini kebetulan terkena tepung cukup banyak dan langsung keramas.


Jam dua belas pertandingan dihentikan sebentar untuk istirahat dan makan siang. Rupanya sudah ada jatah makan siang bagi panitia. Akupun sebenarnya diajak ikut makan bareng, karena secara tidak langsung jadi tukang potret tidak resmi dalam acara ini. Tapi kebetulan aku ada acara keluarga, jadi gak ikutan bergabung. Padahal lumayan juga menunya, sekaligus bisa jadi ajang silaturahmi dengan tetangga.


Padil, seperti tahun lalu, tidak ikutan lomba tapi selalu ingin mendapat hadiah seperti yang didapat oleh pemenang lomba :D Sebenarnya dia sudah didaftarkan untuk ikutan lomba, tapi dia menolak. Giliran pas pembagian hadiah, dia ikut berbaris dan berharap mendapat jatah hadiah. Memang ada jatah hadiah untuk semua anak, tapi jelas isinya berbeda dengan yang didapat pemenang lomba.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...