10 August 2019

Fake Mirror Trick


Mencoba trik membuat foto berbayang (refleksi) dengan memanfaatkan layar smartphone, sulit. Smartphone (dalam kondisi mati biar pantulannya lebih bagus) diletakkan ke bawah kamera sehingga berubah fungsi menjadi cermin. Sulit karena harus bisa menemukan sudut yang pas, dan bisa menghasilkan foto yang sealamiah mungkin.


Kalau begini jadi kayak sedang kebanjiran hehehe...
Aku iseng nyoba ini terinspirasi dari "skandal" foto turis di salah satu pura terkenal di Bali yang sempat heboh di sosmed beberapa waktu lalu. Menurutku, foto di pura itu bukanlah penipuan, melainkan trik untuk mempercantik foto, anggap aja semacam editing, tanpa mengedit foto. Ada banyak trik dalam fotografi yang menghasilkan foto yang "berbeda" dari aslinya, dan tidak pantas dianggap sebagai penipuan. Sejauh tidak ada klaim yang berbeda dengan foto aslinya, misalnya klaim bahwa di pura itu ada kolam besar, menurutku tidak pantas kalau ada yang marah-marah karena merasa tertipu. Sampeyan sendiri yang terlalu lebay hehehe.


Nah, alasanku belajar trik ini adalah mencoba menerapkannya untuk acara Iduladha besok. Karena pakai smartphone sangat sulit dan hasilnya kurang maksimal, aku coba pakai cermin yang lebih besar. Kebetulan ada cermin nganggur, bekas cermin di lemari yang rusak, dengan ukuran panjang hampir setengah meter, dan lebar sekitar 20cm. Untuk percobaan, aku coba malam hari, mumpung lagi ada panitia yang sedang mempersiapkan lokasi untuk sholat ied besok. Btw, sebelumnya nyoba motret mushola, hasilnya lumayan, terkesan ada genangan air yang menghasilkan pantulan gambar.


Begitu juga waktu aku coba di lapangan, lapangan jadi mirip sedang kebanjiran, atau kayak ada kolam di sana hehehe. Ya, semoga saja bisa memberi variasi foto nantinya, gak melulu foto dengan sudut itu-itu saja.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...