01 December 2015

Keyboard Laptop Rusak


Sejak minggu malam keyboard laptop (laptop kantor) rusak. Secara otomatis akan mengetik huruf qqq terus menerus. Sangat mengganggu. Berbagai cara aku coba, mulai dari membersihkan dengan vacuum cleaner, sampai menginstall ulang OS karena kuatir masalah dengan driver. Tetap gagal. Aku sudah lapor bos, dia menyarankan membeli keyboard eksternal dan kalau masih gak bisa, dikirim saja untuk diperbaiki, karena masih dalam masa garansi.


Waktu aku cerita ke Yohan, dia menyarankan untuk coba bawa ke rumahnya. Dia bilang punya cairan yang cukup bagus untuk membersihkan peralatan elektronik. Aku sendiri gak berani membongkar laptop. Jadi aku bawa ke tempatnya, dan setelah googling sebentar, dia bisa membongkar dan membersihkan laptop itu.


Menurutnya, sepertinya ada yang lengket di antara tuts-tuts itu. Untung aku sempat mencopot beberapa tuts, jadi kemarin aku sempat mencabut beberapa agar lebih mudah dibersihkan. Setelah berjuang satu jam lebih, akhirnya keyboard bisa dipakai. Sesekali masih error, tapi kalau dipakai dengan lembut, masalahnya gak muncul. Tapi Yohan tetap menganjurkan untuk beli keyboard baru saja, daripada repot-repot bawa ke tukang servis yang jauh tempatnya.

Tanpa pikir panjang aku setuju untuk beli keyboard baru. Nah, waktu lapor ke bos, dia gak mau dan kecewa dengan keputusanku. Masalahnya laptop ini masih punya garansi 3 tahun, dan ini belum ada 1 tahun (laptop dibeli sekitar bulan Maret tahun ini). Ya sudah, aku turuti saja maunya bos, meskipun sudah terlanjur beli keyboard internal secara online. Resiko ketika mengambil keputusan terlalu buru-buru.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...