19 December 2015

Situ Bungur Berbenah


Sejak awal Desember tahun ini, aku lihat seperti ada pekerjaan yang dilakukan di sekitar Situ Bungur. Selain bahan bangunan, juga ada besi-besi tergeletak di tepi jalan sebelah utara danau. Oh ya, sebelumnya sudah ada perbaikan jalan di sekitar danau dan menutup lubang-lubang yang ada di jalanan yang sudah rusak.


Ternyata benar ada kegiatan untuk mempercantik sekitar danau, salah satunya dengan membuat tempat duduk di berbagai sudut danau, sehingga pengunjung bisa menikmati danau dengan nyaman. Tidak hanya satu-dua tempat, tapi lumayan banyak, tersebar di sisi sebelah barat dan utara. Juga beberapa pot dan tanaman sekitar.


Taman di sudut danau yang berdekatan dengan Jl. Menjangan juga mulai dipercantik. Entah ini usaha swadaya masyarakat sekitar atau dari pemkot Tangerang Selatan, tapi usaha ini patut dihargai danau kecil ini.

Masih banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan tempat ini. Tidak hanya memperkuat tanggul dan mempercantik taman di sekitarnya, tapi juga perlu memastikan sterilisasi daerah sempadan sekitar 50 meter dari tepi danau. Pemukiman penduduk di sekitar danau perlu dirapikan sehingga tempat ini bisa jadi tempat rekreasi yang lebih ramah dan nyaman. Juga yang paling penting adalah kegiatan rutin untuk menjaga kelestarian air danau dan organisme yang ada di dalamnya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...