22 December 2015

Touring Sendiri Ciputat - Cikarang


Ini adalah Golden Gate, jembatan penghubung daerah Cinere (Depok) dengan Pondok Cabe (Tangsel) yang aku lalui secara tidak sengaja. Hari ini aku bermaksud pergi ke Cikarang naik motor dan mencoba mencari jalur alternatif menghindari jalanan Jakarta. Salah satunya melalui daerah Cinere ini. Ternyata malah nemu lokasi yang cukup menarik ini, dan ternyata jembatan ini baru diresmikan tahun ini. Ulasan lengkap tentang jembatan dan jalan penghubung ini bisa dilihat di Kompasiana.


Ternyata pilihan rute yang aku tempuh bukanlah rute yang bagus. Meskipun sebagian besar jalanan tidak terjadi kemacetan, tapi jalanan terlalu banyak belokan sehingga kurang efektif juga dari sisi waktu. Selain itu, rute yang cenderung menebak-nebak membuatku beberapa kali kesasar dan harus memutar arah, terutama saat di sekitar Srengseng Sawah dan Lenteng Agung. Akhirnya setelah mutar-mutar gak jelas, hingga sampai di Jl. Akses UI, aku sampai juga ke Cibubur.

Di jembatan yang melintas di atas tol Jagorawi ada razia kendaraan. Ini pertama kali aku menemukan razia ketika sedang berkendara dan untunglah aku selalu bawa SIM dan STNK, jadi gak ada masalah. Yang menarik adalah dalam razia ini ada perdebatan seru antara pengendara dengan petugas. Sepertinya petugas sempat emosi karena si pengendara mempertanyakan surat tugas untuk melakukan razia ini. Petugas itu membentak dan mengancam untuk membawa pengendara motor itu ke polda. Sepertinya pengendara tidak cukup nyali dan merasa kalah sehingga berkali-kali meminta maaf dan berharap diberi keringanan. Ada-ada saja.


Meskipun cukup padat, aku bisa melewati daerah Cibubur dengan lancar, tidak terlalu macet. Yang macet padat merayap adalah jalur ke arah Jakarta. Di daerah Cileungsi ada jalan layang yang melintas sebuah perempatan padat. Karena gak paham, aku memilih jalur biasa, jalur bawah. Ternyata pilihan yang salah, karena perempatan itu benar-benar kacau dan padat dengan angkutan umum yang hampir menutup jalan. Untunglah aku cuma pakai motor, jadi masih bisa menyelusup dan tidak terlalu parah terjebak kemacetan di tempat yang mirip terminal ini.


Akhirnya tahu juga Taman Buah Mekarsari, setelah selama ini hanya dengar berita dan iklannya, meskipun cuma lewat. Setidaknya sudah tahu lokasinya jadi kalau kira-kira nanti pengen liburan ke sini sudah tahu arah :)


Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam (fuih), akhirnya sampai juga di tempat tujuan, Lippo Cikarang :D Lama juga, selain karena macet di beberapa tempat, tersesat dan jalur yang tidak efektif membuat perjalanan jadi terlalu lama. Tapi setidaknya ini adalah perjalanan santai, bukan diburu-buru waktu. Toh aku ke sini juga tanpa tujuan tertentu, hanya untuk main saja.


Di sini mampir ke kantor lama ketemu Dessy, sebelumnya juga sudah janjian sih. Untung dia juga lagi lumayan sibuk, jadi meskipun aku sampai ke kantornya jam 12 lewat, dia juga masih belum sempat makan siang. Jadi kami bisa ngobrol sambil makan siang bareng, bersama salah satu karyawan di sana. Sayangnya Pak Iwan sedang liburan di Klaten, kalau ada bisa makin rame lagi.


Berikut cuplikan-cuplikan video singkat yang aku buat selama perjalanan Ciputat - Cikarang.
Perjalanan pulang bisa aku tempuh lebih cepat, kali ini aku pilih jalur normal saja lewat Cibubur - Cijantung - Lebak Bulus - Bintaro. Total perjalanan pulang hampir 3 jam, dengan kecepatan rata-rata sekitar 25 km/jam, lumayan hehehe. Tapi memang perjalanan pulang hampir nonstop, tidak banyak berhenti seperti waktu berangkat.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...