14 April 2015

Olahraga di Pinggir Jalan


Sekelompok anak SD, harusnya sih masih satu kelas, sedang bermain di tepi jalan dekat mal bintaro exchange. Lahan ini memang gak bisa dilewati kendaraan karena dibatasi dengan portal, jadi mereka bisa bermain dengan tenang. Eh, harusnya sih bukan bermain, tapi kayaknya ini pelajaran olahraga deh.


Nah, yang berkerudung itu gurunya, lagi bergossip dengan murid-murid perempuan kayaknya hehehe... Lha apa yang bisa diharapkan dari pelajaran olahraga di tempat yang kurang layak gini. Mau main bola juga malas, paling senam, itupun mungkin gak menarik. Jadi ya kegiatan dibebasin aja kayaknya. Malah di belakang ada yang asyik mainan hape, ngumpet di bawah pohon.


Penasaran aku coba menengok lokasi sekolah itu, SD Peladen atau SD N 03 Pondok Ranji, Ciputat Timur. Sebenarnya dulu pernah mampir ke sini karena kehujanan, tapi lupa detailnya. Ternyata sekolah ini punya lapangan, tapi ya kecil dan berantakan. Buat olahraga lebih gak enak lagi, selain bisa menjadi gangguan bagi kelas lain. Kasihan juga para pelajar ini tidak bisa menikmati pelajaran olahraga.

Padahal menurutku, sejak di SD, SMP hingga SMA, olahraga adalah pelajaran favoritku, pelajaran yang paling aku tunggu, satu satunya pelajaran yang membuatku semangat ke sekolah. Karena menyenangkan, apalagi kalau diisi dengan sepakbola, voli atau permainan berkelompok lainnya. Aku beruntung waktu SD masih ada tempat untuk olahraga, karena halaman cukup luas. Selain itu ada alun-alun yang bisa dipakai untuk berolahraga, dan cukup luas sehingga bisa dipakai beberapa sekolah sekaligus.

Sepertinya di perkotaan, atau lebih tepatnya pinggiran kota besar seperti Ciputat-Bintaro, lahan habis dipakai untuk jadi perumahan, dan tidak ada lahan kosong untuk olahraga. Harusnya perusahaan-perusahaan pengembang, atau pemerintah bisa menyediakan lahan untuk berolahraga yang bisa dipakai oleh anak-anak sekolah. Jadi mereka bisa berolahraga dengan gembira, bukan di pinggir jalan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...