Say No To Dog and Cat Meat


Sebagai penggemar sengsu (tongseng asu), ikut mendukung kampanye menolak konsumsi daging anjing dan kucing adalah pengkhianatan. Tapi demi istri tercinta, terpaksa aku ikut dan bertobat dari penganut sengsuiyah hehehe.. Kalau daging kucing sih emang amit-amit, gak pernah makan dan gak minat. Apalagi di Jawa, setahuku, orang masih menghormati kucing, bahkan orang-orang yang notabene tidak mengharamkan daging kucing.


Kampanye menolak konsumsi daging anjing dan kucing yang aku ikuti ini berlangsung di acara Car Free Day di Jakarta, mulai dari Bundaran HI hingga Polda Metro. Ratusan orang, sebagian besar membawa anjing-anjing kesayangannya berjalan kaki membawa spanduk dan poster untuk menyerukan penghentian konsumsi daging anjing dan kucing. Beberapa orang melakukan orasi, yang intinya menyampaikan keprihatinan terhadap praktek penyiksaan dan perlakuan semena-mena terhadap anjing  yang akan dikonsumsi tersebut, serta menolak berbagai mitos terkait konsumsi daging anjing. Aku malah baru tahu kalau ada mitos bahwa mengkonsumsi anjing bisa mengobati impotensi. Halah .. ada-ada saja.


Rombongan pendukung aksi damai ini beristirahat sebentar di Sudirman Plaza, termasuk mengistirahatkan anjing peliharaan dan memberi minum mereka. Panitia juga menyediakan es batu serta air putih untuk para anjing, untuk mengkompres badan mereka biar tidak kepanasan. Beragam jenis anjing ikut serta dalam aksi ini, tapi tidak ada yang membawa kucing, ribet :)


Aksi ini tergolong santai, menurutku. Tidak ada yel-yel yang terlalu provokatif atau menyerang kelompok tertentu. Kebanyakan peserta juga menikmati dengan berjalan santai, ngobrol dan bermain dengan anjing peliharaan mereka. Tampaknya ada beberapa awak media yang ikut meliput acara ini, cuma aku gak tahu pasti dari mana saja.


Aku ikutan pawai ini cuma sampai depan halte busway Benhil, depan kampus Atma Jaya. Di sini rombongan kembali beristirahat. Aku pikir ini memang titik akhir, karena beberapa kali panitia bilang kalau ini adalah End Point. Ternyata kata istriku, pawainya sampai di dekat lapangan softball senayan :)



Panitia memasang spanduk di pagar dan meminta para peserta kampanye untuk menandatangani dukungan terhadap aksi menolak konsumsi daging anjing dan kucing ini. Ini juga sebagai wujud dukungan ke dunia internasional, dalam rangka memperingati World Stray Animal Day yang jatuh pada tanggal 4 April.

Comments

Popular posts from this blog

Karawang

HKBP Tomang Barat

Bunga Kupu-Kupu / Purple Shamrock

Touring Sendiri Ciputat - Cikarang

Lari Pagi di Bintaro Exchange