28 November 2014

Banjir di Pojok Kompleks


Beberapa orang tampak asyik memancing di kolam ikan yang sedang meluap karena luapan sungai di sebelahnya. Agak aneh juga, meskipun air kolam itu luber, tapi harusnya mereka gak sepantasnya memancing di sekitar kolam, yang notabene masih berada di dalam kawasan kolam itu. Tapi toh waktu itu ada penjaga kolam dan dia cuek saja.


Sementara itu beberapa bocah dengan asyik bermain sepeda melintasi genangan air yang merendam sebagian (kecil) wilayan kompleks. Rupanya dia sudah bermain sejak hujan turun dengan derasnya hingga hujan reda. Ah, senangnya ... Aku kangen bisa mainan hujan kayak gitu lagi, tapi apadaya, kena basah dikit (padahal pakai jas hujan) saja sudah masuk angin.


Komplek perumahan yang ada di seberang sungai, kayaknya masih masuk wilayan Perumahan Ciputat Baru, terkena dampak meluapnya air sungai ini juga. Apalagi sejak pengerukan dilakukan, ada bagian tanggul yang belum selesai, sehingga air mengalir tanpa halangan memasuki komplek itu.


Sebenarnya aku juga sudah menduka, kalau sungai itu meluap pasti akan masuk ke dalam kompleks, termasuk membanjiri tempat pemancingan. Soalnya beberapa kali aku lihat bekas-bekas aliran air di pinggir sungai, dan memang tidak ada tanggul khusus. Tapi hanya di pojokan saja, dengan kedalamn kurang lebih 10cm, dan tidak sampai masuk ke rumah warga. Lagipula ketika air sungai surut, genangan inipun segera ikut mengalir pergi. Rumahku sendiri masih ada di tempat yang agak tinggi, jadi masih aman.


Update:
Ini foto sehari sesudahnya saat hujan turun tapi tidak terlalu deras. Air sungai meluap juga tapi tidak sampai masuk ke dalam kompleks. Yang membuatku sedikit bertanya-tanya, kok ada sampah dalam jumlah besar datang dalam waktu bersamaan. Terkesan ada yang sengaja membuangnya, entah dari suatu tempat sampah, atau jangan-jangan ada truk sampah yang sengaja membuang di sungai, mumpung lagi meluap. Ah, parah juga. Yang jelas aku yakin, sampah-sampah ini pasti SENGAJA dibuang oleh manusia, bukan karena terbawa air hujan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...