08 June 2014

Simple Bird with Orange Colour


Kehadiran burung ini, di atas atap rumah tetangga, cukup menarik perhatian para kucing, dan juga manusia. Aku sendiri sangat terhibur dengan munculnya burung ini, meskipun waktu kehadirannya tidak pasti. Entah apa namanya, tapi dia berkicau lumayan merdu (terutama ditengah bisingnya Jakarta), dan melihat ada warna jingga di pangkal ekornya, pasti bukan burung liar sembarangan. Ukurannya juga lebih besar dibanding burung gereja yang sering berkeliaran di sekitar rumah, mungkin hampir dua kali lipat.

Setidaknya ini burung bagus yang masih berkeliaran bebas, bukan di dalam sangkar seperti yang kebanyakan dimiliki para tetangga. Jumlahnya tidak banyak, tapi kurasa lebih dari satu. Beberapa kali aku menjumpai mereka di pepohonan sekitar kantor kelurahan. Kadang dikejar sama anak-anak kecil, bahkan tukang ojekpun tertarik untuk menangkapnya. Bagiku, biarlah mereka terbang bebas, menambah keindahan kota dimana kehadiran burung liar adalah pemandangan yang langka. Semoga dia tetap lestari dan bisa bertahan di tengah ganasnya belantara Jakarta.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...