18 April 2014

Good Friday Service 2014


Ibadah peringatan hari Jumat Agung kali ini diadakan di Plenary Hall JCC, tidak seperti 2-3 tahun lalu yang selalu di Gandaria City. Berbekal pengalaman sebelumnya, karena merupakan ibadah gabungan dari berbagai tempat,maka kami berangkat lebih awal. Kebaktian belum dimulai saja sudah tempak penuh gini.


Para kru multimedia sedang mempersiapkan peralatan, sementara di sebelahnya deretan tempat roti dan anggur untuk perjamuan kudus.


Jaman sekarang, anak-anak tetap diajak ikut kebaktian di gereja, tapi mereka dibekali gadget untuk bermain. Maklum juga, toh mereka belum terlalu paham dan pasti bakal bosen. Masalahnya kadang gak cuma anak-anak yang asyik bermain di saat kebaktian berlangsung, tapi juga anak-anak remaja dan bahkan kaum dewasa.

Jadi ingat waktu aku kecil, belum punya gadget begini, dan lagipula merasa "sungkan" kalau bermain di dalam gereja. Solusinya? Aku memilih bermain di luar saja bersama teman-teman, justru tidak mengganggu orang-orang dewasa yang sedang khusuk beribadah (atau tidur) :)


Saking banyaknya pengunjung yang datang, anak-anak muda diminta untuk duduk lesehan di bagian depan, persis di depan mimbar. Meskipun tidak semua, tapi lumayan juga untuk memberi kesempatan bagi orang-orang tua dan anak-anak yang datang lebih lambat sehingga mereka bisa kebagian tempat duduk.


Di tengah maraknya gadget, baik smartphone ataupun tablet, yang berisi aplikasi Kitab Suci, masih ada juga yang setia membawa Kitab Suci tebal untuk ibadah. Kuno, tapi mungkin bagi mereka terasa lebih nyaman jika membawa kitab daripada menggunakan perangkat elektronik. Salut! Aku sendiri mulai malas membawa buku tebal itu, karena repot bawanya, dan merasa lebih praktis pakai smartphone. Tapi aku berusaha komitment, selama ibadah hanya menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi kitab suci, bukan untuk update status facebook, twitteran, sms-an dan sebagainya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...