09 October 2022

Office Gathering at Bali - Day 1

Landed! Akhirnya kembali menginjakkan kaki di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Seumur hidup, ini adalah ketiga kalinya aku ke pulau dewata, dan ketiga-tiganya berkaitan dengan urusan kantor.

Pertama kali cuma singgah dalam perjalanan bisnis ke Jepang. Yang kedua karena instalasi sistem ke salah satu cabang client. Yang ketiga ini juga urusan kantor, tapi lebih santai karena sifatnya adalah office gathering, yang tidak membahas kerja tapi hanya ngumpul2 sesama karyawan yang tersebar di berbagai kota. Ya, hampir semua kami jarang atau belum pernah bertemu satu sama lain karena hanya bekerja sama secara daring.

Dalam dua kunjungan sebelumnya aku tidak terlalu bingung karena selalu ada yang menjemput, tapi tidak untuk kali ini. Jadi aku asal saja berjalan dari tempat pengambilan bagasi menuju lobi kedatangan, sempat mampir di minimarket buat beli minum dulu.

Aku sempat cek harga di counter Grab dan Bluebird, hmmm lumayan mahal juga untuk menuju kawasan Seminyak, lebih dari 300 ribu, padahal sepertinya gak begitu jauh. Tapi ya mungkin memang tarifnya segitu. Aku juga gak dapat info adanya bis umum atau angkutan umum saja. Mungkin kalau terpaksa aku bakal jalan keluar dari bandara, siapa tahu dapat tumpangan yang lebih murah. Meski di tempat asing, toh ini masih di negeri sendiri yang memakai bahasa yang sama.

Di lobby ada pengendara taksi "gelap" yang menawarkan jasa, ke Seminyak cuma 150 ribu. Ya sudah, naik itu saja, toh bawaan juga gak banyak, aku gak terlalu butuh kendaraan yang nyaman, pokoknya sampai. Supirnya asli Bali, sudah agak tua dan cukup ramah.

Tempat yang dipakai untuk ngumpul kantor adalah Hotel Courtyard by Marriot. Sampai lobby aku reservasi dulu, terus diberi info kalau aku bakal sekamar dengan Wendy, yang tinggal di Surabaya. Tapi pas aku datang ke kamar, dia gak ada di sana. Rupanya semua yang sudah tiba sedang nongkrong di cafe dekat hotel, jadi aku menyusul.

Aku jalan kaki menuju Cafe Kami, tak jauh dari hotel, dimana hampir semua sudah mengumpul, kecuali staf yang dari Vietnam. Minum kopi saja karena toh tadi siang aku sudah makan. Tak lama setelah aku datang, menyusul juga 2 staf dari Vietnam. Harusnya ada satu temannya lagi yang dari Vietnam, tapi tidak bisa ikut karena ada "tugas negara".

Sekitar jam 5 sore kami semua (total 9 orang : 4 dari IDN, 3 dari SG dan 2 dari VIE) pergi ke kawasan Jimbaran untuk makan malam. Kami pergi dengan sewa taksi online 2 mobil, perjalanan sekitar 30 menit. Kami makan malam di salah satu restoran seafood pinggir pantai yang katanya kalau mau datang harus pesan lebih awal, karena biasanya penuh.

Sambil menunggu hidangan disiapkan, kami bersantai dan ngobrol di pinggir pantai yang agak gelap. Cuaca mendung membuat malam ini hanya mengandalkan cahaya lampu. Dari pertemuan ini diketahui bahwa dari kami semua yang ikut (9 orang ini), semuanya beragama Kristen. Suatu kebetulan. Aku gak tahu dengan yang di Vietnam satu lagi dan di Singapore satu lagi juga. Tapi dengan kesamaan ini, kami lebih leluasa dalam menentukan aktivitas selama acara gathering yang acaranya dibuat fleksibel ini sekedar untuk bersilaturahmi.

Makin malam tempat ini makin ramai, Warung Happy Gen di pantai Kelana, tak jauh dari pantai Jimbaran. Hidangannya juga enak, beragam seafood-nya. Cuma pilihan minuman sepertinya gak banyak, selain beer hanya es kelapa kalau gak salah. Ya sudah, mumpung rame-rame, minum bir satu-dua gelas. Rasanya? Gak enak lah menurutku, karena bukan penikmat bir.

Oh ya, karena menunggu makanan sangat lama, hampir 1 jam, kami diberi snack gratis buat ganjal perut, yaitu kerupuk hehehe.

Sampai hotel sudah hampir jam 10. Awalnya pengen ngobrol lagi di cafe di hotel, tapi ternyata cafe itu jam 10 dah tutup juga. Jadi kami kembali ke kamar masing-masing beristirahat.