02 October 2022

Ajak Anak-Anak Ke Gereja

Untuk pertama kali aku mengajak anak-anak ikut ibadah Minggu di gereja secara luring / offline. Tentu saja, mereka mau ikut bukan tanpa alasan dan bukan karena tertarik ke gereja, toh mereka belum paham. Tapi gak masalah, tujuanku adalah mengenalkan mereka pada gereja, meski aku yakin pasti bakal bosan. Lha wong aku dulu yang sudah paham saja, hingga sampai menjelang SMP masih sering bosan dan lebih memilih mondar-mandir di lingkungan gereja.

Aku ajak mereka naik kereta dulu dari Jurangmangu ke Kebayoran Lama, terus transit naik bis TransJakarta dari halte Simpruk menuju Lebak Bulus. Saat jalan dari stasiun ke halte busway sempat kena hujan, dan aku sangat terharu melihat anak-anak ini tetap semangat.


Karena hari ini ada pejamuan kudus, pengunjung gereja lumayan banyak sehingga disediakan kursi tambahan di luar ruangan. Justru kebetulan, jadi kami bisa memilih duduk di luar, agar ketika anak-anak gelisah dan merasa bosan, mereka tidak terlalu mengganggu jemaat lain. Karena alasan pribadi, aku sengaja tidak ikut pejamuan kudus.

Sebenarnya ini bukan pertama kali anak-anak ikut ke gereja. Dulu mereka pernah, tapi bukan di GKJ, melainkan di GBI (baik di Senayan maupun di Gandaria City), tapi waktu itu mereka belum paham, dan bahkan sekarangpun sudah lupa.


 Selesai ibadah, mereka langsung tidak sabar untuk diajak jalan-jalan ke mal, tujuan awal kami di hari Minggu ini hehehe. Semangat!

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...