14 May 2017

Ngerumpi di Mushola


Siang itu aku sempat melihat pak RT dan beberapa warga berkumpul di mushola kompleks yang tak jauh dari rumah. Mumpung bocah tidur dan tidak banyak pekerjaan, aku ikutan bergabung. Rupanya mereka sedang memasang toa baru, karena toa yang ada (yang di puncak mushola) ternyata rusak. Karena atap mushola dari asbes, warga kurang percaya diri untuk naik ke atas atap guna memperbaiki toa yang lama dan memilih memasang toa baru. Cukup pakai tiang dari bambu yang banyak tumbuh di pinggir sungai, toa baru sudah bisa terpasang dan langsung diperdengarkan.


Sementara orang tua mereka sibuk, anak-anak ini "menemani" dengan bermain alat-alat yang sedang nganggur, terutama bor listrik :)


Toa berhasil terpasang menjelang waktu sholat ashar, jadi langsung ditest, termasuk broadcast pesan di grup WA berisi undangan untuk sholat ashar berjamaah di mushola. Lumayan, ada sekitar 7 jemaah dewasa yang hadir, ditambah 2 anak-anak.

Sebelum mulai sholat, bocah baju putih itu sempat bertanya
"Kok Om gak ikut sholat?"
"Soalnya aku bukan muslim", jawabku sambil tersenyum.
"Oh, kristen?" dan segera dia bergabung ke barisan.


Selesai ashar, beberapa warga masih kumpul di mushola, lebih tepatnya di pos ronda yang ada di sebelah mushola, ngobrol-ngobrol sambil menikmati cemilan yang masih ada. Aku tawarkan kopi, ternyata mereka mengiyakan, ya sudah aku pulang menyiapkan kopi.

Pikirku mumpung ada beberapa sachet kopi instant, jadi gak perlu kuatir soal rasa. Eh, ternyata aku salah perhitungan. Empat sachet kopi instant sudah aku masukkan ke teko plastik, langsung aku siram air mendidih. Dalam hitungan detik, teko itu langsung meleleh dan kopinya tumpah ke lantai. Aduh ...

Ya sudah, aku buat lagi, tapi gak pakai kopi instant, mumpung masih ada kopi Starbuck, sekalian buat di teko Starbuck itu juga. Jadinya porsi cuma terbatas, untunglah masih bisa dinikmati semua, meski hanya secangkir kecil tiap orangnya hehehe.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...