14 May 2017

Hutan Kota Menteng Bintaro Sektor 7


Di samping kawasan Menteng Residence Bintaro Sektor 7, ada kawasan yang penuh dengan pepohonan rindang seperti hutan. Jelas bukan hutan alami karena pohonnya tertata rapi meskipun tidak terlalu terawat tampak rerumputan dan tanaman liar juga di sana. Meskipun pohon-pohonnya rindang, tapi jauh dari kesan gelap dan menyeramkan, karena selain tidak lebat juga dekat dengan kawasan pemukiman dan jalan raya.

Sekilas lihat di wikimapia, tempat ini rencananya bakal jadi Bintaro Exchange Tahap 2 (Perkantoran). Sayang juga kalau kawasan hijau rindang ini harus berubah menjadi hutan beton.


Di bawah pepohonan, di antara rerumputan yang menjulang tinggi, ada bunga-bunga liar yang tumbuh tidak teratur, namun tetap saja indah. Kebanyakan sih bunga-bunga itu ukurannya kecil sebagai layaknya bunga liar yang tumbuh terabaikan di alam bebas.


Selain sering menjadi tempat nongkrong ojek dan anak-anak remaja, tempat ini juga menjadi jalan pintas yang menghubungkan kawasan elit Bintaro dengan jalan Rusa Raya, meski hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor, sepeda dan tentu saja jalan kaki. Jalan pintas itu sifatnya tidak resmi, jadi kondisinya ya buruk, seringkali sangat becek saat musim hujan. Tapi tetap saja jadi alternatif karena sangat bisa mempersingkat waktu, apalagi di jam-jam yang penuh kemacetan.


Saat berada di kawasan ini, akan ada sambutan kicauan burung-burung bebas meskipun tidak bergemuruh, kebanyakan sih burung-burung gereja yang bergerombol mencari makan, baik di atas pepohonan maupun di rerumputan. Meskipun suaranya tidak semerdu kicauan burung perkutut, tapi tetap saja indah, membuat suasana seperti tidak sedang ada di perkotaan. Sayangnya aku susah menemukan posisi yang tepat untuk memotret burung-burung itu.


Banyaknya bunga tentu saja menarik banyak kupu-kupu (dan serangga lain). Sayangnya hampir semua kupu-kupu yang aku temui, dengan beragam warna dan motifnya, cenderung aktif terbang, jarang ada yang diam cukup lama untuk bisa dipotret.


Meskipun perlu mewaspadai kemungkinan adanya ular di tempat ini, tapi selama ini aku belum pernah menjumpainya. Saat ini ada satu bunglong yang sedang berkeliaran di pohon, selalu mencoba menghindar saat melihatku. Jadi perlu pelan-pelan mendekati dan memotret reptil satu ini.

Waktu iseng jalan-jalan di tempat ini sedang ada satu orang yang berlatih menembak. Kami hanya bertukar salam dengan senyum, tanpa sepatah kata. Entah mengapa rasanya agak canggung, meski sebenarnya cukup penasaran juga dengan aktivitasnya. Aku juga tidak mengambil fotonya karena kuatir dia keberatan. Potongannya rambutnya cepak seperti tentara, mungkin dia memang tentara/polisi yang sedang berlatih. Atau sekedar orang yang hobi menembak dan menemukan tempat yang cukup sepi untuk berlatih.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...