09 May 2017

Cahaya Bulan Purnama


Bulan purnama tampak bersinar terang di langit Jakarta yang cerah malam ini. Kebetulan ada sedikit waktu luang saat hendak beranjak pulang dari Kebayoran Lama, ya foto-foto dulu. Meski banyak objek menarik di dalam gedung stasiun yang tergolong baru ini, tapi kali ini aku memilih memotret pemandangan luar, langit lebih tepatnya.


Horeee .... senang sekali rasanya bisa memotret bulan seperti ini, pertama kalinya. Selama ini kamera yang aku tidak ada yang bisa menangkap foto bulan dengan cukup jelas begini, yang ada hanya cahaya kosong. Rupanya perlu lensa dengan zoom yang cukup besar. Ya setidaknya itu yang aku pelajari saat ini, foto ini baru bisa didapat setelah aku pakai zoom maksimal 60x. Di bawah itu, autofocus yang ada akan gagal menangkap titik fokus pada bulan, dan hasilnya hanya bulatan warna putih. Hasilnya akan lebih optimal lagi kalau AV dibuat negatif (alias makin gelap), sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu banyak.

Mungkin ada teknis khusus untuk memotret bulan tanpa tergantung pada kemampuan lensa dan auto-focus, tapi sejauh ini aku masih mengandalkan keduanya. 


Sayangnya aku belum bisa memotret bulan dengan ada object di depannya, fokusnya akan terbagi dan hasilnya tidak sesuai harapan. Masih banyak waktu belajar :)


Foto sebelumnya aku potret sekitar jam 7 malam di Jakarta, sedangkan yang ini aku potret menjelang jam 12 malam di Tangsel. Dari titik yang menyerupai kutub, bisa dilihat adanya pergerakan bulan, karena titik "kutub" yang awalnya ada di sisi kanan, kemudian bergeser di sisi kiri. #barutahu

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...