13 May 2017

Menengok Kembali Situ Rompong


Sudah lama tidak menengok Situ Rompong di Rempoa, Tangsel, meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Salah satu alasan adalah aksesnya yang kurang praktis, dulu, meskipun lokasi danau ini ada di pinggir jalan. Tapi siang ini aku agak heran, karena ternyata sudah ada "akses" langsung dari pinggir jalan untuk menyaksikan danau ini dari jarak dekat. Dulu hanya bisa masuk dari gang kecil di antara perumahan warga (yang agak membuat kurang nyaman kalau bawa motor), atau dari gang kecil di samping pemancingan di tepi danau. Sekarang, bangunan di samping pemancingan itu sudah dibongkar, sehingga memberi akses yang cukup luas untuk melihat danau dari jarak dekat.


Saat melihat gundukan tanah di samping perumahan di tepi danau ini, sepertinya baru saja ada pengerukan danau. Browsing sebentar, ternyata benar dilakukan pengerukan sekitar bulan Februari 2017 oleh pihak Koramil Ciputat. Sebelah selatan danau yang dulu seperti rawa-rawa dengan banyak tumbuhan liar, sekarang juga sudah hilang, dan tepi danau langsung berbatasan dengan perumahan yang ada di tepi danau.


Danau ini memang tidak terlalu luas, tidak sampai 2 Ha, lebih kecil dibanding Situ Bungur yang masih lebih 3 Ha luasnya. Meskipun demikian, aku rasa perannya masih cukup penting untuk menampung air tanah (serapan air) dan sedikit mengendalikan banjir yang mungkin terjadi, sementara daerah sekitarnya semakin lama makin berubah menjadi pemukiman penduduk, termasuk rawa-rawa yang tak jauh dari danau ini.


Di tangan yang kreatif, baik dalam penataan ruang, lingkungan serta pendanaan, aku yakin tempat ini bisa diubah menjadi objek wisata yang ramah lingkungan dan menarik. Tantangannya adalah mencari orang tersebut di pemda, termasuk yang bisa mendapatkan pendanaan tanpa memberatkan APBD. Semoga saja ada :D

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...