02 December 2016

Burung Gelatik Belong


Aku yakin ini pasti burung peliharaan yang lepas dari sangkarnya, entah sengaja atau tidak. Soalnya terlalu bagus untuk burung seperti ini berkeliaran bebas di daerah Jakarta dan sekitarnya. Sangat jarang aku melihat burung-burung yang bagus di alam liar, kebanyakan adanya di dalam sangkar.


Seorang teman memberi tahu kalau ini jenisnya burung Gelatik Belong (Padda oryzivora). Teman yang lain memberi clue bahwa burung ini mirip salah satu merek kopi. Aku belum mendengar kabar dari tetangga apakah ada yang kehilangan burungnya atau tidak. Setahuku banyak tetangga yang punya hobi memelihara burung. Aku tidak bisa mengirim info ini ke grup, soalnya udah ngiri alias left hehehe.


Menyenangkan melihat beragam burung terbang bebas dan bermain riang di alam bebas, asalkan mereka biasa beradaptasi dan bisa mendapat makanan yang cukup. Seorang tetangga pernah bilang, ada burung peliharaan yang lepas, akhirnya mati juga karena tidak mampu beradaptasi dengan alam liar, sejak kecil terbiasa dalam sangkar.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...