24 March 2015

Wisata Air Yang Terbengkalai di Situ Tujuh Muara


Matahari sudah tinggi, tapi waktu aku sampai di Pamulang Square, setelah bersepeda kurang lebih 30 menit, suasana masih temaram karena mendung. Sebenarnya waktu yang kurang menarik untuk "hunting", tapi karena sudah lama gak olahraga, pagi ini aku paksakan diri bersepeda santai. Tujuannya, Situ Tujuh Muara alias Situ Ciledug di Pamulang.


Rumah di seberang itu danau itu tampak asri sekali, penuh pepohonan, ada saung dan tempat nongkrong di tepi danau. Ya meskipun mungkin harus berurusan dengan banyaknya nyamuk :)
Terakhir kali aku ke sini, seorang pemancing menyarankan untuk datang pagi-pagi kalau mau dapat foto yang bagus.


Sayang aku datang agak siangan, dan juga cuaca mendung kurang bersahabat. Meskipun demikian, tetap saja pemandangan sekitar danau ini tidak bisa diabaikan. Tenang, asri dan menyegarkan. Aku sengaja cuma mengunjungi sisi danau yang ada di dekat gang Witana Harja , karena ini merupakan tempat yang baru sebentar aku jelajahi, jadi aku masih penasaran. Ah, cuma gak bisa berlama-lama di sini juga, nyamuknya banyak dan ganas, gigitannya terasa gatal.


Waktu terakhir aku ke sini, aku cuma menjumpai satu sisa "bebek-bebekan", tapi kali ini aku menemukan banyak kereta air serupa, yang kondisinya sudah terbengkalai begitu saja. Ah, setelah aku perhatikan sekitar tempat ini, sepertinya ini dulu taman wisata yang cukup terawat. Ada jalan setapak yang (dulunya) rapi, juga bunga-bunga dan sebagainya. Sekarang sih sudah berantakan. Setelah browsing sebentar, ternyata benar, dulu tempat ini adalah tempat Wisata Edukasi Ganespa, yang dikelola oleh OKP Ganespa. Sayang, sekarang kondisinya sudah merana.


Danau ini cukup beruntung memiliki organisasi kepemudaan yang diharapkan bisa menjaga kelestarian Situ Tujuh Muara ini. Semoga tetap lestari, baik alam maupun budaya sekitarnya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...