14 March 2015

Sabtu Siang di Jakarta

Hari Sabtu biasanya aku malas jalan-jalan ke Jakarta, apalagi saat cuaca panas terik. Alasannya sudah pasti, malas dengan kemacetan yang ada. Tapi karena ada keperluan, menemani istriku, siang ini kami pergi ke Jakarta sebentar. Tapi ada beberapa hal menarik yang aku jumpai selama perjalanan singkat siang itu.


Berangkat dari Bintaro naik kereta api yang cukup lenggang meskipun gak kebagian tempat duduk. Yang menarik adalah iklan pembersih wajah, dengan ikut menggantungkan kemasan di samping pegangan penumpang. Lha orang kan bisa salah pegang, atau jangan-jangan memang itu sudah dikemas biar kuat juga untuk dijadikan pegangan.


Di sungai sebelah jalan Daan Mogot, seberang Samsat Jakarta Barat, beberapa petugas tampak sedang membersihkan sampah di sekitar dengan perahu yang agak unik ini. Terus terang baru kaliini aku melihat perahu jenis ini. Salut juga kalau ada tenaga kebersihan yang dikerahkan untuk membersihkan sungai-sungai di Jakarta dari tumpukan sampah, meskipun tanggung jawab kebersihan tetap ada di masyarakat.


Masih di sungai yang sama, tampak sisa-sisa perahu yang sudah rusak terapung di permukaan sungai. Wah, sayang juga bangkai kapal ini terbuang sia-sia seperti ini. Di tangan orang yang kreatif, bangkai kapal ini pasti bisa dimanfaatkan.


Memasuki kawasan kampus Binus di Jl. Rawabelong, aku perhatikan ada pemandangan yang tidak biasa, yaitu adanya petugas pengatur lalu lintas di pertigaan Batusari. Biasanya pertigaan ini sangat semrawut, para pengguna jalan (terutama pengendara motor dan angkot), biasanya tidak sabar untuk menunggu lampu hijau menyala. Salah satu titik kemacetan yang pantas dihindari saat hari Sabtu siang, tapi kali ini terlihat cukup lancar.


Stasiun Palmerah sedang direnovasi besar-besaran, bangunannya diperbesar, hampir kayak Stasiun Tanah Abang. Yang membuatku tertarik, di sebelah kanan-kiri juga dibangun jembatan penyeberangan. Kalau dimaksimalkan nanti, bakal bisa mengurangi kemacetan di sekitar tempat ini, asalkan para pejalan kaki juga disiplin memanfaatkannya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...