11 March 2015

Fresh After Rain


Hujan sore berhenti sebelum matahari tenggelam, menyisakan bulir-bulir air di dedaunan dan memberi udara segar di luar rumah. Aku iseng-iseng mengabadikan titik-titik air sisa hujan itu dengan ponsel LG G3 Stylus, ponsel yang termasuk kelas medium (belum selevel dengan IPhone, Lumia atau Galaxy S), tapi sejauh ini hasil foto yang bisa aku dapat sudah cukup memuaskan.


Malahan dalam beberapa kasus, seperti gambar di atas, untuk jarak dekat, hasilnya bisa lebih tajam dibandingkan kalau aku memakai kamera Samsung Galaxy Camera. Yang penting pencahayaan cukup bagus dan tanganku gak goyang saat memotret. Aku rasa kunci utama adalah pada kemampuan sensor optik kamera ini masih lebih baik dibanding Galaxy Camera, yang sekarang sudah jarang aku pakai.


Katanya, yang membuat kamera ponsel LG ini hasilnya cukup tajam, salah satunya adalah fitur auto-focus yang cukup cepat. Masuk akal juga menurutku. Dengan autofocus yang cepat, dia bisa mengimbangi kecenderungan tanganku yang kurang stabil dan biasanya menghasilkan gambar yang blur. Nah, dengan Galaxy Camera, meskipun ada fitur macro dan memberi hasil yang bagus, tapi tetap saja ketajaman hasil gambarnya masih kurang memuaskan.


Tapi tentu saja, memakai kamera ponsel ini harus benar-benar telaten dalam memilih fokus gambarnya, karena sedikit lebih sulit dibanding ketika memakai Galaxy Camera. Harus diakui, dengan Galaxy Camera, memilih titk mana yang akan menjadi fokus jauh lebih mudah dibanding memakai kamera ponsel LG ini. Salah satu yang belum bisa dikalahkand dari Galaxy Camera adalah optical zoom-nya yang (katanya) mencapai 21x, jadi bisa memotret object yang lebih jauh.

Memang, bukan perbandingan yang apple-to-apple sih, wong ponsel kok dibanding kamera hehehe.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...