27 March 2015

Sisi Lain Situ Parigi


Udara pagi masih terasa sejuk di sekitar Situ Parigi meskipun matahari sudah bersinar terang. Pagi yang cerah, tapi sisa-sisa hujan semalam masih meninggalkan kabut tipis.


Cahaya matahari pagi masih terhalang pepohonan yang cukup rindah dan juga beberapa gedung tinggi di sisi timur danau. Angin yang hanya berhembus pelan membuat air danau tampak tenang meskipun sebenarnya danau ini tidak dalam.


Seorang pria tampak membawa senapan angin menuju danau, seperti hendak berburu burung atau mungkin satwa lain. Belum banyak aktivitas warga pagi itu di sekitar danau. Belum banyak orang yang datang memancing juga.


Serangga air serta ikan-ikan kecil menyebabkan riak-riak kecil di permukaan air.


Sejak aku datang pertama kali ke sini, belum pernah aku melihat perahu itu digunakan. Mungkin nelayan lebih suka pakai gethek bambu untuk menyusuri danau kecil ini, atau entahlah. Tampak bagian lambung perahu sudah berlumut dan ditumbuhinn tanaman seperti jamur.


Tanda-tanda pendangkalan danau bisa dilihat dari sampah-sampah yang ada di permukaan danau. Sampah-sampah ini seperti tersangkut sesuatu, bukan mengapung. Sebenarnya air danau ini mengalir seperti sungai, tidak diam saja.


Salah satu ciri khas ketika danau seperti ini dekat dengan pemukiman warga, adalah tumpukan sampah di tepi danau yang sangat berantakan. Ciri khas orang kampungan yang tidak terlalu peduli soal sampah.


Seorang pemuda sedang memancing sendirian di sisi danau sebelah barat. Ini adalah bagian yang dulu belum sempat aku jelajahi. Sisi ini lebih rindang, tapi dekat dengan pemukiman warga dan terkesan kumuh. Resiko ada di tepi danau yang penuh dengan pepohonan rindang adalah banyak nyamuk.


Di sekitar danau tidak banyak bunga, selain beberapa bunga liar. Tapi di rumah-rumah sekitar danau ada banyak pekarangan dan kebun yang penuh bunga, dan sebagian bunganya sampai berada di luar pagar.


Sengaja aku petik beberapa untuk iseng mengisi waktu, sebelum matahari mulai bersinar terik.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...