04 March 2015

Vihara Siddharta dan Masjid Bani Umar


Sinar matahari tampak terang menerangi langit Pondok Aren di pagi ini, cerah dengan sedikit awan tipis di angkasa. Pagi ini aku mampir sebentar di sekitar Parigi Baru untuk melihat agak dekat salah satu tempat ibadah agama Budha yang ada di sana - Vihara Siddharta.


Salah satu patung Buddha di bagian depan bangunan utama, patung yang tampak tersenyum. Menurut kabar-kabur di internet, vihara ini mulai dibangun tahun 2005, dan salah satu patung Buddha yang ada di sini adalah pemberian langsung dari pemerintah Thailand, yang disampaikan saat peresmian vihara ini di tahun 2012. Entah apakah patung yang ada di luar ini atau patung yang di dalamnya.


Seperti biasa, ketika berurusan dengan tempat ibadah agama lain, aku masih merasa enggan untuk bludas-bludus masuk ke dalam. Jadi kali ini aku hanya melongok dari luar saja. Bagian depan bangunan utama seperti sedang ada renovasi kecil-kecilan. Semoga saja toleransi umat beragama tetap terjaga di tempat ini.


Dari vihara, aku meluncur ke tempat ibadah yang cukup unik di dekat Graha Bintaro. Sebuah masjid dengan arsitektur unik karena tidak memiliki kubah. Masjid tanpa kubah ini bernama Masjid Bani Umar, Namanya saja tergolong unik menurutku, dibandingkan dengan nama-nama masjid yang banyak tersebar di pelosok kampung. Ternyata nama Umar itu terkait dengan memprakarsa pembangunan masjid ini, yaitu istri dari Umar Wirahadikusuma, mantan wakil presiden RI.


Masjid ini mulai dibangun tahun 2007 dan diresmikan tahun 2008 oleh Presiden RI waktu itu, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Meskipun tidak memiliki kubah, tapi masjid ini memiliki menara setinggi 50 meter lebih. Menara itulah yang tampak sangat menonjol dari kejauhan, dan sekilas juga tidak mirip dengan menara masjid. Katanya, karena lagi-lagi aku tidak masuk ke dalam untuk menjelajah bangunan, banyak fasilitas pendukung yang ada di dalam masjid raya ini. Jadi buat warga muslim Bintaro, Pondok Aren dan sekitarnya, sempat-sempatlah untuk mampir ke masjid yang unik ini.


No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...