Pembersih Sampah di Sungai Singapura


Kayaknya baru kali ini aku lihat petugas kebersihan sedang melakukan patroli di Sungai Singapura. Dengan kapal kecil mereka mondar-mandir dan mengambil sampah-sampah yang mengapung di sungai.


Kapal ini, sepertinya juga milik petugas kebersihan, menurunkan salah seorang penumpangnya. Sepertinya memang dia itu menumpang di kapal ini, dan diantar ke daerah sekitar Raffles Place.
Oh ya, aku juga baru ngeh kalau ada perubahan dengan pinggiran sungai. Seingatku dulu tepi sungai ada pagarnya dan langsung curam, gak ada semacam tangga batu seperti ini.


Wajar saja kalau pemerintah setempat ingin menjaga sungai ini tetap bersih, terutama di daerah ini, karena tempat ini adalah salah satu tempat wisata andalan. Di seberang sana, katanya, merupakan tempat pertama kali Sir Raffles mendarat di Singapura. Jadinya tempat ini menjadi kombinasi yang pas antara wisata sungai (air), wisata sejarah dan juga wisata kuliner dengan banyaknya tempat makan di sekitar sungai.


Seorang turis tampak juga mengabadikan aktivitas para petugas kebersihan tersebut, termasuk memotret perahu tongkang wisata yang hilir mudik di sepanjang sungai.

Mungkinkah muara sungai Ciliwung disulap jadi tempat wisata seperti ini? Mungkin saja, asal warganya mendukung

#river #cleaning #boat #tourism #singapore #historical #takingPicture #working #water #bay #city

Comments

Popular posts from this blog

Sentul International Convention Center

Serba-Serbi Acara Wisuda Universitas Mercu Buana Jakarta

Warna-Warni Langit Senja

Restaurant Mas Demang Kediri

Karawang