Bintaro - Depok via Tanah Abang

Beberapa waktu lalu aku sempat menyarankan seorang teman dari Depok untuk datang ke Bintaro naik KRL saja, lebih mudah. Tapi dia memilih naik motor ke Fatmawati dan sambung dengan taksi. Tidak terlalu lama karena kebetulan tidak kena macet. Secara teori, harusnya dengan KRL lebih cepat, waktu tempuh total mungkin cuma sejam lebih dikit. Hari ini aku coba buktikan teori itu.


Kerumunan calon penumpang KRL terlihat di Stasiun Manggarai, terutama untuk calon penumpang menuju Bogor. Aku terpaksa naik kereta dari Manggarai karena waktu menunggu kereta di Tanah Abang, keretanya masih siap-siap di St. Pasar Senen. Pas kebetulan ada kereta ke arah Manggarai, kami naik saja, dengan harapan akan lebih banyak kereta ke arah Depok dari stasiun ini.


Benar juga, gak sampai sepuluh menit kereta dari arah St Kota sudah datang. Meskipun penuh, tapi tidak sampai berjubel seperti pada saat hari kerja di jam sibuk. Memang, secara waktu, kalau kami memutuskan untuk tetap menunggu di St. Tanah Abang, paling beda waktunya 15-30 menit, tapi tadi di St. Tanah Abang calon penumpang sudah sangat banyak :)

Hitungan kasarku, dari Bintaro ke Tanah Abang sekitar 20 menit. Tanah Abang ke Manggarai sekitar 5 menit. Sedang Manggarai ke Kampus UI Depok sekitar 20 menit juga. Jadi harusnya total waktu gak sampai sejam, atau kalau hitunganku meleset, ya tetap saja cuma sejam lebih sedkit, gak sampai 1.5 jam. Masalahnya adalah waktu tunggu kereta yang tidak pasti, membuat perjalanan bisa memakan waktu selama 2 jam :)


Perjalanan pulang sedikit lebih cepat. Karena kami ingin langsung naik kereta yang ke arah Tanah Abang, kami harus menunggu kereta yang dari Bogor kurang lebih 15 menit. Saat menunggu, ada 2 KRL dari Depok ke arah Kota yang sudah melintas. Sebenarnya frekuensi KRL Jakarta - Depok ini terbilang cukup sering, kalau pas normal, paling 5 menitan. Tapi tetap saja penumpangnya penuh.

Sampai di St. Tanah Abang, sudah ada kereta jurusan Parung Panjang yang siap berangkat. Kami sudah pasrah saja, berjalan santai karena niat untuk naik kereta berikutnya. Ternyata kereta itu gak segera berangkat. Jadi meskipun sudah sangat penuh, kami putuskan untuk naik kereta itu, toh cuma 20 menit ini. "Sudah biasa", kata istriku. Jadi waktu tunggu saat kami pulang lebih cepat dibanding saat kami berangkat. Alhasil perjalanan pulang tidak sampai memakan waktu 1.5 jam.

#train #station #commuterline #jakarta #krl #transportation #waiting #people #snapshot #railway

Comments

Popular posts from this blog

Restaurant Mas Demang Kediri

Karawang

Touring Sendiri Ciputat - Cikarang

Festival Kesenian Sleman 2018

HKBP Tomang Barat