02 August 2017

Yellow-Vented Bulbul alias Trucuk


Setelah cukup lama penasaran, akhirnya aku tanya tetangga apakah ada yang tahu jenis burung ini. Dapat jawaban kalau ini burung Trucuk, termasuk keluarga Kutilang. Wow .. ini salah satu burung yang sering berkeliaran di perumahan ... googling sebentar, ketemu nama ilmiahnya (Pycnonotus goiavier). 


Awalnya aku menyadari adanya burung  yang menarik ini waktu melihatnya di puncak pohon cemara. Langsung teringat sebuah lagu anak-anak

Di pucuk pohon cempaka (... selama ini aku pikir cemara ...)
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu 


Meski burung ini awalnya aku lihat sering berkumpul, dan sepertinya bersarang, di pepohonan cemara yang ada di tepi sungai, tapi aku juga sering melihatnya di atap rumah dan pepohonan lain.


Belakangan aku lebih sering melihat burung-burung ini berkumpul di tanah kosong yang terawat, yang banyak pohon petai cina. Meskipun burung ini termasuk jenis burung yang kicauannya merdu, sayangnya aku belum bisa membedakan kicauannya dibanding burung-burung lain yang berkeliaran di perumahan. Mungkin juga karena aku lebih sering mendengar kicauan burung-burung dalam sangkar yang dipelihara para tetangga :(

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...