04 August 2017

Kunjungan Keluarga Belalang


Taman mungil di halaman rumah sudah sering kedatangan tamu berwarna hijau (dan kadang kekucing-coklatan) ini. Ya, seringnya sih belalang daun, dan kayaknya belum pernah kedatangan belalang sembah.


Tapi seingatku yang datang hanya 1-2 ekor, tapi kali ini lebih dari 4 ekor, mirip seperti keluarga. Soalnya ada yang ukurannya besar, adan ada beberapa yang masih kecil. Warnanya juga bervariasi. Kali ini mereka menginvasi pohon kamboja.


Meski mereka termasuk hama, yang merugikan karena bisa memakan daun-daun, tapi aku biarkan saja. Toh selama ini seingatku belum ada tanaman mati karena ulah belalang ini. Meskipun daunnya habis, tapi tanaman tetap hidup dan daun-daun baru akan tumbuh lagi.


Entahlah, apakah dengan "serbuan" keluarga belalang ini akan mematikan tanaman yang ada. Aku sih ragu. Apalagi seringkali aku harus memangkas daun-daun yang terlalu memenuhi taman yang mungil itu. Jadi bisa dibilang justru kehadiran belalang ini bisa membantuku merapikan beberapa daun, gak cocok juga sih dianggap merapikan, karena yang dimakan justru yang masih muda hehehe.

Setidaknya kali ini aku lumayan senang dengan koleksi foto-foto belalang yang bisa aku dapatkan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...