PT KAI dan UMKM

Gerai Alfa Express yang ada di St. Jurangmangu, Tangsel

Harus diakui, reformasi yang terjadi dalam instansi PT Kereta Api dalam 10 tahun terakhir ini sangat luar biasa. Tapi ada satu kebijakan yang menurutku masih kurang bagus.

Perusahaan ini terkesan hanya memberi fasilitas bagi pemilik modal besar, seperti jaringan minimarket ini. Aku setuju adanya penertiban pedagang asongan dan kaki lima di dalam dan sekitar stasiun. Lingkungan jadi bersih, penumpang juga merasa lebih nyaman.

Tapi ada baiknya PT KAI juga memberi kesempatan bagi mereka untuk tetap berdagang dengan tertib. Jangan kok hanya memberi kesempatan pada minimarket atau jaringan waralaba yang bermodal besar. Kalau toh akhirnya dibangun lapak khusus buat berniaga, berilah sedikit lahan/lapak untuk UMKM, syukur-syukur bisa dalam jumlah banyak.

Soal ketertiban, saya yakin asal ada pembinaan dan ketegasan yang masuk akal, para pedagang kecil itu bisa tertib. Toh pengguna layanan kereta api juga ada dari kalangan bawah. Syukur-syukur kalau bisa ikut mengembangkan industri pariwisata, misal dengan adanya lapak oleh-oleh atau barang-barang khas tiap daerah.

Hitung-hitung sebagai salah satu bentuk CSR. Moga saja PT KAI sudah mempertimbangkan hal ini.

Comments

Popular posts from this blog

Sentul International Convention Center

Serba-Serbi Acara Wisuda Universitas Mercu Buana Jakarta

Warna-Warni Langit Senja

Lari Pagi di Bintaro Exchange

Karawang