25 February 2015

Mencari Situ Pondok Jagung


Salah satu rumah mewah di kawasan perumahan Alam Sutera, Tangerang. Aku ke sini bukan untuk lihat rumah-rumah yang harganya belum terjangkau. Tujuanku adalah mencari Situ Pondok Jagung atau Situ Rawa Kutuk, eh kok malah nyasar ke kawasan elite ini.


Memasuki kawasan ini aku jadi teringat waktu masih tinggal di Lippo Cikarang. Tempatnya asri, jalanannya luas dan bersih, masih banyak pohon. Oke lah, di sini terlihat lebih teduh dibanding Lippo Cikarang yang panas meski banyak pohon. Wajar juga kalau masih tampak warga semangat berolahraga atau sekedar mengajak anjingnya jalan-jalan. Juga aku sempat lihat ada beberapa petugas kebersihan yang cukup rajin membersihkan jalanan. Begitu juga di Lippo Cikarang dulu.


Aku sudah mondar-mandir tempat ini, balik ke situs Bina Marga (Tangsel) dan juga melihat peta di Google Maps, kayaknya tidak ada tanda-tanda danau sekitar ini. Salah satu genangan air yang cukup luas justru adanya di tengah perumahan Alam Sutera, tapi kurasa itu bukan Situ Pondok Jagung.


Tapi aku yakin, lahan kosong yang mirip rawa-rawa ini, karena cukup berair dan banyak semak-semak serta pepohonan, adalah Situ Rawa Kutup atau Situ Pondok Jagung. Jalan yang disebelahnya adalah jalan Rawa Kutup, lanjutan dari jalan raya Pondok Jagung. Di peta hanya ini lahan yang cukup luas di sekitar Pondok Jagung.


Meskipun belum ada tanda-tanda diserobot atau diuruk warga, tapi kalau memang benar ini Situ Pondok Jagung, berarti kondisinya cukup memprihatinkan juga untuk ukuran danau. Meskipun terdaftar di website Dinas Bina Marga (http://dbmsda.tangerangselatankota.go.id/index.php/situ/84-situ-pondok-jagung), tapi seperti tidak ada tindakan apa-apa untuk merawat danau ini.


Tapi setidaknya tempat ini masih luas. Jadi mungkin ada "pintu masuk" dari sisi lain yang belum aku temukan, dan mungkin dari sisi itu akan terlihat "danau" yang sebenarnya. Aku belum sempat menjelajah lebih jauh, karena lokasi cukup jauh dari rumah dan pagi sudah mulai beranjak siang dan sinar matahari mulai terasa terik menyengat.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...