21 February 2015

Beragam Aktivitas Sore di Situ Gintung


Seorang pria sedang memancing di tepi Situ Gintung, di balik semak-semak rumput liar yang tumbuh lebat di sekitar danau. Sore ini aku akhirnya aku sempat mampir ke Situ Gintung yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari rumah, danau terbesar di Tangerang Selatan. Mungkin karena hari ini hari Sabtu sore, jadi banyak orang yang mengunjungi tempat ini, untuk beragam alasan tentu saja. Pria di balik semak itu bukan satu-satunya pemancing yang ada di pinggir danau sore itu.


Adanya jogging track yang rapi di sekeliling danau yang cukup luas ini menjadi tempat menarik bagi orang yang suka berolahraga, khususnya lari. Lari memang olahraga yang paling mudah, murah dan bisa dilakukan sendirian atau berkelompok. Sepertinya sejak danau ini meluap beberapa tahun lalu, pemerintah daerah mulai serius mengelola danau ini, termasuk merapikan jogging tract. Danau-danau lain seperti Situ Pamulang dan Situ Ciledug juga ada jalur lari ini, tapi sangat ala kadarnya. Sementara Situ Legoso dan Situ Rompong sama sekali tidak ada.


Ternyata ada satu rumah di pinggir danau yang memiliki halaman langsung tembus ke tepi danau tanpa pagar pembatas. Tampak beberapa penghuni, atau teman-temannya sedang asyik nongkrong di pinggir danau, menikmati sore yang cerah berangin.


Tiga pemuda tanggung ini sedang asyik melempar kerikil ke tengah danau. Pengunjung di hari libur biasanya terkonsentrasi di jalur bendungan, untuk sekedar jalan-jalan atau duduk-duduk memandang danau. Di bendungan juga tampak beberapa pedagang asongan.


Meskipun danau ini luas, tapi tidak banyak penjala ikan yang aku temui. Entah ada aturan tertentu atau tidak. Lagipula mereka biasanya hanya ada di sisi selatan danau, yang merupakan tempat masuknya air ke danau. Di sekitar itu banyak karamba dan jaring yang dipasang di tepi danau.


Tentu saja, selain orang berolahraga lari, ada banyak juga yang bersepeda keliling danau, entah untuk berolahraga atau sekedar jalan-jalan sepertiku. Secara menyeluruh, ini adalah tempat yang lumayan cocok untuk bersantai murah meriah, dan cukup nyaman.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...